Daftar Lengkap dan Sinopsis Animasi Disney (1937-2021)


Oleh Nabil Bakri

 


Semua gambar/foto poster bioskop dan/atau sampul DVD film Disney adalah milik The Walt Disney Company—digunakan dalam daftar ini di bawah doktrin Fair Use yang dilindungi Undang-Undang hak cipta Amerika Serikat.

Raksasa industri perfilman yang kini menjadi salah satu perusahaan terbesar dan berpengaruh di dunia, The Walt Disney Company, telah merilis beribu-ribu film. Mulai dari animasi, live action, kombinasi animasi dan live action, kerjasama dengan perusahaan lain, hingga sebatas mendistribusikan film-film independen atau produksi perusahaan lain dan/atau anak perusahaan The Walt Disney Company. Walau demikian, jika dilihat dari sejarahnya dan dampak kultural, tulang punggung atau cikal-bakal kesuksesan perusahaan ini bertumpu pada film animasinya yang sangat fenomenal lintas generasi. Film-film ini adalah film yang diproduksi sendiri oleh The Walt Disney Productions sejak 1937 hingga berganti nama menjadi The Walt Disney Company sampai sekarang. Jajaran animasi peling tersohor ini masuk dalam kategori Walt Disney Animation Studios atau dulunya disebut Walt Disney Classics sebelum era animasi 3D/Full CGI. Ciri utama film yang masuk dalam daftar ini bervariasi, tapi selain filmnya harus dibuat oleh divisi animasi Disney yang dibentuk untuk membuat Snow White and the Seven Dwars, beberapa ciri lain antaranya:
A. Dipromosikan langsung oleh Walt Disney selama hidupnya

B. Di poster atau kemasan DVD terdapat tanda “Classics” di bawah logo Disney

C. Untuk film pasca 2007-sekarang, di awal film selalu muncul pembukaan berupa Mickey Mouse bersiul dari film Steamboat Willie.

D. Dalam versi DVD/Blu-ray edisi khusus, terdapat angka urutan di punggung dan/atau sampul depan.

Apabila Anda menemukan fitur (Baca selengkapnya di sini [KLIK]), fitur tersebut menandakan judul film yang dibahas memiliki pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di dalam situs ini. Pembahasan lengkapnya mencakup proses produksi, pengisi suara, sinopsis lengkap, dan tanggapan publik. Anda hanya perlu tekan/klik/tap fitur tersebut dan otomatis akan membuka jendela baru tanpa menutup jendela ini.

Skor Skywalker (apabila ada) adalah angka penilaian yang diberikan oleh penulis, bisa diberikan dengan rentang angka dari 1-10. Penilaian dilakukan dengan mempertimbangkan 15 poin Skywalker. Apabila terdapat fitur 'Periksa Skor Skywalker' maka review lengkapnya sudah tersedia.

Dalam proses menyusun urutan ini, penulis mendapati bahwa daftar film Disney ternyata memiliki beberapa versi yang berbeda, misalnya dalam versi DVD O-Ring, film Dinosaur tidak dihitung dalam bagian film Disney sementara film The Wild yang jelas-jelas merupakan kolaborasi studio Amerika-Kanada justru masuk di dalamnya. Supaya daftar ini lebih relevan dan bersifat mutlak, penulis mengacu pada daftar yang dikeluarkan secara resmi oleh Disney dan IMDb. Untuk film 01-50, Disney telah merilis video urutan filmnya untuk memperingati rilisnya film ke-50 yaitu Tangled. Untuk urutan setelahnya, mengacu pada status film Disney dan daftar IMDb.

1. Snow White and the Seven Dwarfs (1937, 19 Mei)

Periksa Skor Skywalker



Putri Snow White tinggal di istana bersama ibu tirinya, Ratu Jahat. Setiap hari sang Ratu berkonsultasi dengan cermin ajaib, menanyakan siapa wanita tercantik di seantero kerajaannya. Karena cermin mengatakan bahwa Snow White lebih cantik, Ratu menjadi cemburu dan berniat menghabisi nyawa Snow White. Sang putri pun akhirnya melarikan diri ke dalam hutan dan tinggal bersama 7 kurcaci penggali berlian. Karena Ratu memiliki ilmu sihir yang luar biasa, ia bisa mengetahui posisi Snow White dan menyamar menjadi nenek tua untuk memberikan apel beracun pada Snow White. Racun itu menyebabkan Snow White mati suri dan hanya bisa dihidupkan dengan ciuman cinta sejati. (Baca selengkapnya di sini [KLIK])

2. Pinocchio (1940, 7 Februari)

Periksa Skor Skywalker



Geppetto, seorang pembuat mainan, membuat sebuah boneka kayu anak kecil dan sangat mengharap boneka itu bisa hidup karena ia sangat mendambakan seorang anak. Peri Biru kemudian datang dan menghidupkan boneka kayu yang dinamai Pinocchio itu. Walau bisa bergerak, Peri Biru menegaskan bahwa Pinocchio belum seutuhnya menjadi manusia dan kalau berbohong hidungnya akan menjadi panjang. Supaya bisa menjadi manusia sungguhan, ia harus menjadi anak yang berbakti. Namun, Pinocchio menghadapi berbagai macam godaan dan terjebak di tangan pemilik pertunjukan Stromboli yang licik dan pengusaha keledai yang jahat dan manipulatif. Pada akhirnya Pinocchio harus menyelamatkan Geppetto dari perut raja paus bernama Monstro. (Baca selengkapnya di sini [KLIK])

3. Fantasia (1940, 13 November)

Periksa Skor Skywalker



Film ini dibagi ke dalam beberapa segmen yang menampilkan sebuah orkestra yang dipimpin oleh Leopold Stokowski. Orkestra akan memainkan musik dan animator Disney akan menampilkan animasi yang mengikuti alunan musik tersebut. Terdapat adegan-adegan populer seperti Mickey Mouse yang belajar ilmu sihir, para dewa di dunia mitologi, pertarungan T-Rex dengan stegosaurus, dan iblis Chernabog yang menguasai gunung kegelapan. (Baca selengkapnya di sini [KLIK])

4. Dumbo (1941, 23 Oktober)

Periksa Skor Skywalker 



Dumbo mengisahkan seekor ibu gajah sirkus bernama Ibu Jumbo yang ingin sekali punya anak. Maka, seekor bayi pun didatangkan dari surga dengan diantar oleh Tuan Bangau. Bayi gajah mungil itu disukai oleh semua gajah di dalam sirkus karena lucu dan akhirnya diberi nama Jumbo Junior. Akan tetapi, bayi gajah itu ternyata cacat karena ukuran telinganya jauh di atas rata-rata dan gajah lainnya menjadi benci padanya karena dianggap aneh. Maka, para gajah sepakat untuk memanggil Jumbo Junior dengan julukan Dumbo, plesetan dari Jumbo (dalam bahasa Inggris Dumb berarti Bodoh). Karena tidak rela anaknya dianiaya, ibu Jumbo mengamuk hingga akhirnya dimasukkan dalam kerangkeng. Walau sedih, Dumbo dibantu oleh tikus Timothy untuk menemukan rahasia telinga Dumbo yang ternyata bisa dipakai untuk terbang bak sayap burung. Alhasil, telinga yang dianggap cacat itu justru menjadi berkah. (Baca selengkapnya di sini [KLIK])

5. Bambi (1942, 13 Agustus)

Periksa Skor Skywalker



Di sebuah hutan, kawanan rusa dipimpin oleh The Great Prince of the Forest (Pangeran Hutan yang Agung) yang merupakan seekor rusa jantan besar dan penuh wibawa. Cerita dimulai ketika putranya lahir dan diberi nama Bambi. Si rusa kecil belajar berjalan dan bicara dibantu oleh teman-temnnya yakni seekor kelinci bernama Thumper dan seekor sigung yang bernama Flower. Hidup Bambi berubah total setelah ibunya ditembak mati oleh pemburu dan Bambi diasuh oleh ayahnya. Pada akhirnya, Bambi harus menyelamatkan rusa yang ia sayangi yakni Faline dari kebakaran hutan akibat keteledoran manusia. (Baca selengkapnya di sini [KLIK])

6. Saludos Amigos (1942, 24 Agustus)

Skor Skywalker:



Berisikan beberapa film pendek di antaranya: perjalanan Donald Bebek ke Peru dan perjalanannya ke Brazil yang mempertemukan Donald dengan karakter baru yakni José Carioca.

7. The Three Caballeros (1944, 21 Desember)

Skor Skywalker:



Berisikan beberapa film pendek di antaranya: adegan yang menampilkan penyanyi Aurora Miranda yang merupakan saudari dari penyanyi kondang Carmen Miranda (penyanyi Mamãe Eu Quero [mama yu kero]), dan kisah penguin yang tidak mau lagi tinggal di Antartika.

8. Make Mine Music (1946, 20 April)

Skor Skywalker:



Berisikan beberapa film pendek di antaranya: Berisikan beberapa film pendek di antaranya: kisah seekor paus yang memiliki suara merdu, kisah seorang anak kecil yang ingin menangkap serigala, dan kisah sepasang topi.

9. Fun and Fancy Free (1947, 27 September)

Skor Skywalker:



Berisikan salah satu film Mickey Mouse paling popular yakni Mickey and the Beanstalk yang merupakan adaptasi dari cerita Jack and the Beanstalk di mana Mickey memanjat pohon rambat yang menjulang sampai awan di mana raksasa tinggal.

10. Melody Time (1948, 27 Mei)

Skor Skywalker:



Berisikan beberapa film pendek di antaranya: pasangan muda-mudi kasmaran di tengah putihnya salju dan legenda Johnny Appleseed yang menanam berhekta-hektar pohon apel.

11. The Adventures of Ichabod and Mr. Toad (1949, 5 Oktober)

Skor Skywalker:



Berisi dua cerita yakni Mr. Toad yang menginginkan sebuah mobil hingga menjadi criminal, dan cerita Ichabod yang dihantui oleh hantu berkuda tanpa kepala alias cerita Sleepy Hollow.

12. Cinderella (1950, 15 Februari)

Periksa Skor Skywalker



Siapa yang tak kenal dengan cerita Cinderella? Tidak berbeda jauh dari dongeng Cinderella pada umumnya, versi Disney menceritakan perjuangan seorang gadis bernama Ella yang senantiasa disiksa oleh ibu dan kedua saudari tirinya. Ella dipaksa menjadi pembantu sampai bajunya dipenuhi jelaga alias cinder sehingga Ella biasa dipanggil Cinderella. Walau disiksa, Cinderella tidak pernah membantah atau menyimpan dendam pada orang lain. Suatu ketika, Cinderella dilarang ikut ke pesta dansa yang terbuka untuk umum. Untungnya, ada ibu peri yang membantunya dengan menghadiahinya gaun pesta dan sepatu yang terbuat dari kaca. Versi Disney terkenal dengan lagu Bibbedi Bobbedi Boo yang dimainkan saat ibu peri menyihir labu dan hewan menjadi kereta kencana lengkap dengan kusir dan kuda. Walau bisa menghadiri pesta, pengaruh sihir akan luntur saat tengah malam. Ketika Cinderella bergegas pulang sebelum mantranya hilang, satu sepatu kacanya tertinggal dan ditemukan oleh pangeran. Sepatu itu adalah satu-satunya mantra sihir yang tidak luntur dan akhirnya digunakan oleh pangeran untuk mencari siapa wanita misterius yang kakinya pas dengan ukuran sepatu kaca itu. (Baca selengkapnya di sini [KLIK])

13. Alice in Wonderland (1951, 28 Juli)

Periksa Skor Skywalker



Diangkat dari buku karya Lewis Carroll, Alice in Wonderland mengisahkan petualangan seorang gadis yang terlempar masuk ke dalam negeri ajaib. Alice selalu membayangkan hidup di dunia di mana hewan bisa bicara, bunga bisa menyanyi, dan buku berisi gambar semua tanpa tulisan. Maka, saat ia melihat seekor kelinci putih memakai jas dan jam kantung, ia bergegas mengikutinya. Kelinci itu menuntunnya masuk ke negeri ajaib. Di dalamnya Alice menemui berbagai macam keanehan yang sebetulnya selama ini ia inginkan. Alice bertemu hewan-hewan yang bisa bicara, bunga yang bisa bernyanyi, hari perayaan non-ulang tahun yang dirayakan 364 hari, dan lain sebagainya. Keanehan di negeri itu akhirnya lama kelamaan membuat Alice jengkel dan sedih. Alice pun merasa rindu rumah dan ingin semua kembali normal. Namun, saat Alice mengira ia bisa menemukan jalan kembali ke rumah, ia malah bertemu dengan Ratu Hati yang punya hobi memenggal kepala orang. (Baca selengkapnya di sini [KLIK])

14. Peter Pan (1953, 5 Februari)

Skor Skywalker: 



Wendy suka sekali dongeng Peter Pan dan senantiasa menceritakn kisahnya kepada dua adiknya yakni John dan Michael. Tampaknya, Peter Pan yang asli suka sekali mendengar cerita Wendy diam-diam karena nantinya akan ia ceritakan pada anak-anak hilang di Never Land. Sungguh disayangkan, ayah Wendy menganggap bahwa cerita Peter Pan itu kekanak-kanakan dan Wendy harus bersikap dewasa. Maka, ayah Wendy memutuskan untuk memindahkan Wendy ke kamar lain dan tidak bisa lagi menceritakan kisah Peter Pan pada adiknya. Peter Pan asli yang mengetahui hal ini, merasa tidak rela dan ingin Wendy senantiasa bercerita untuknya. Maka, Peter mengajak Wendy dan adik-adiknya pergi ke Never Land. Sayang sekali peri sahabat Peter yang bernama Tinker Bell merasa cemburu dan berhasil dimanfaatkan oleh bajak laut Kapten Hook untuk membocorkan informasi letak persembunyian rahasia Peter Pan. Kapten Hook yang menyimpan dendam pada Peter Pan yang menyembunyikan harta karun dan mengumpankan tangan Hook kepada seekor buaya, menculik para anak hilang beserta Wendy dan adiknya. Peter dan Tinker Bell harus bergegas menyelamatkan teman-teman mereka sebelum jadi santapan buaya. (Baca selengkapnya di sini [KLIK])

15. Lady and the Tramp (1955, 22 Juni)

Skor Skywalker: 



Di hari natal, Jim Dear menghadiahi istrinya, Darling, seekor anak anjing betina yang mereka beri nama Lady. Karena keluarga itu belum dikaruniai seorang anak, Lady mereka anggap seperti anak sendiri dan Lady mengisi kehidupan keluarga Darling. Suatu ketika, Lady tampak murung sampai-sampai kedua sahabatnya, Jock dan Trusty, tidak bisa menghibur hati Lady. Saat itulah seekor anjing gelandangan bernama Tramp tidak sengaja lewat dan mengetahu bahwa Lady sedih karena Jim dan Darling tiba-tiba menjadi tidak saying lagi padanya. Tramp menjelaskan bahwa Jim dan Darling bersikap demikian karena mereka akan punya seorang bayi dan kelahiran bayi akan memastikan Lady disingkirkan. Perkataan Tramp terbukti benar saat Jim dan Darling pergi ke China dan menitipkan bayinya pada Bibi Sarah yang membenci anjing. Lady pun kabur dan diselamatkan oleh Tramp. Di tengah pelarian, mereka jatuh cinta dan di sinilah adegan terkenal dua ekor anjing kencan makan spaghetti terjadi. (Baca selengkapnya di sini [KLIK])

16. Sleeping Beauty (1955, 29 Januari)

Periksa Skor Skywalker



Animasi 2 dimensi dengan lukisan latar belakang paling detil yang pernah dibuat ini mengambil dongeng karya Charles Perrault dan menggabungkannya dengan musik karya Peter Tchaikovsky. Alkisah putri Aurora lahir dan seisi istana hadir memeriahkan perayaan kelahirannya. Raja Stefan dan Ratunya bahkan menghadirkan tiga peri baik hati bernama Flora, Fauna, dan Merryweather untuk memberkati sang putri. Belum selesai Merryweather menyampaikan berkatnya, seisi istana digegerkan dengan kemunculan penguasa kegelapan, Maleficent, yang mengutuk sang putri. Aurora akan tewas di usianya yang ke enam belas karena jarinya tertusuk mesin pintal. Karena Merryweather belum sempat memberikan berkatnya, ia mencoba menyelamatkan Aurora dengan mengganti mantra Maleficent yakni Aurora tidak akan tewas tetapi hanya tertidur. Sang putri akan bisa bangun lagi jika ia mendapatkan ciuman cinta sejati. Sebelum jarinya tertusuk jarum, Aurora sempat bertemu seorang pemuda di hutan dan jatuh hati padanya. Ternyata, pemuda itu adalah pangeran Phillip dan ia ditahan oleh Maleficent agar tidak bisa menyelamatkan Aurora. Dengan bantuan tiga peri, Phillip kabur dari tahanan Maleficent. Sang penguasa kegelapan pun murka dan menutupi seisi istana dengan tumbuhan berduri dan mengubah dirinya sendiri menjadi seekor naga untuk menyerang Phillip. (Baca selengkapnya di sini [KLIK])

17. One Hundred and One Dalmatians (1961, 25 Januari)

Periksa Skor Skywalker



Pongo adalah seekor anjing dalmatian milik seorang musisi bernama Roger. Ia merasa hidup membujang baginya dan bagi tuannya adalah kehidupan yang membosankan dan tidak menarik. Pongo pun berencana mencarikan pasangan buat Roger. Kebetulan, Anita yang sama-sama menyukai anjing Dalmatian sedang mengajak anjingnya yang bernama Perditha berjalan-jalan di taman dan Pongo melihatnya sebagai sebuah kesempatan. Berkat aksi nekat Pongo menceburkan Roger dan Anita ke kolam, kedua orang itu akhirnya saling kenal dan menikah. Pongo pun gembira karena ia bisa berpasangan dengan Perditha dan akan segera punya anak. Sayang sekali, teman Anita yakni Cruella DeVil berencana mengambil semua anak Pongo untuk dijadikan mantel bulu. Cruella menyewa penjahat Jasper dan Horace untuk menculik 15 anak Pongo untuk digabungkan dengan anak anjing lain hingga berjumlah 99 ekor. Karena polisi gagal mencari anak-anak mereka, Pongo dan Perditha pergi sendiri mencari anak mereka dan setelah menyelamatkan 99 anak-anak anjing dari tangan Cruella, jumlah damlatian secara keseluruhan menjadi 101 ekor!

18. The Sword in the Stone (1963, 25 Desember)

Periksa Skor Skywalker 



Film ini menceritakan seorang anak kecil yatim piatu yang diasuh oleh seorang pemilik puri dan mendidiknya sebagai pendamping ksatria. Karena kurus dan ceroboh, anak ini dipanggil Wart alias si kutil. Bocah yang nama aslinya adalah Arthur ini tidak tahu bahwa seorang penyihir bernama Merlin meramal masa depan dan melihat bahwa ia akan menjadi seorang yang berpengaruh dan disegani. Atas dasar ramalannya inilah Merlin memutuskan untuk mendidik Arthur agar ramalannya bisa benar-benar terwujud. Tampaknya, Arthur diramalkan akan menjadi seorang raja setelah berhasil mencabut pedang sakti dari sebuah batu. Ternyata Arthur adalah raja Arthur berpedang Excalibur yang terkenal dengan Ksatria Meja Bundar yang ia pimpin.

19. The Jungle Book (1967, 18 Oktober)

Skor Skywalker: 



Dilihat dari tahun perilisannya, The Jungle Book merupakan film terakhir yang proses pembuatannya didampingi langsung oleh Walt Disney yang meninggal pada 15 Desember 1966. Film ini diangkat dari buku karya Rudyard Kipling yang menceritakan tentang seorang bayi yang terlantar di hutan dan diasuh oleh kelompok serigala. Bayi ini kemudian dinamai Mowgli dan perlahan bertumbuh besar. Saat berusia sekitar sepuluh tahun, harimau kejam bernama Shere Khan dikabarkan sedang berada di kawasan serigala dan semua penghuni hutan tahu bahwa Shere Khan pasti mengincar Mowgli. Karena tahu mereka takkan sanggup menghalau Shere Khan, kelompok serigala memutuskan bahwa Mowgli harus dikembalikan ke desa manusia. Mowgli didampingi oleh macan kumbang Bagheera menuju desa, namun perjalanan mereka terhenti karena selain Mowgli tidak mau pergi, ia juga kebetulan bertemu beruang bernama Balloo yang mengajarinya trik asyik menjalani hidup di hutan. Mowgli dan Balloo sama-sama tidak tahu bahwa Shere Khan senantiasa mengintai.

20. The Aristocats (1970, 24 Desember)

Periksa Skor Skywalker 



Madame Adelaide adalah mantan aktris kaya raya yang tidak lagi memiliki kerabat dekat. Sehari-hari ia ditemani oleh kucing kesayangannya, Duchess, dan tiga ekor anaknya: Berliouz, Marie, dan Toulouse. Kucing-kucing itu adalah keluarga kesayangan Adelaide dan hidup mewah bergelimang harta. Madame Adelaide memiliki seorang pelayan setia yang bernama Edgar. Walau sudah melayani keluarga Adelaide cukup lama, kesetiaan Edgar diuji saat ia mengetahui bahwa kekayaan Madame akan diwariskan untuk kucing-kucingnya dan dia tidak dapat apa-apa. Edgar kemudian menyusun rencana untuk menyingkirkan para kucing nigrat supaya ia menjadi pewaris tunggal. Karena ia sudah lama mengabdi, Duchess dan anak-anaknya sama sekali tidak menaruh curiga saat Edgar mencampur susu makan malam mereka dengan obat tidur untuk nantinya membuang mereka sejauh mungkin dari rumah. Di tengah daerah yang asing, Duchess bertemu dengan kucing jalanan playboy bernama Abraham DeLacey Giuseppe Casey Thomas O’Maley (dipanggil cukup O’Maley saja). O’Maley kemudian membantu Duchess untuk kembali pulang ke rumah Madame Adelaide.

21. Robin Hood (1973, 8 November)

Skor Skywalker: 



Legenda Robin Hood memang sudah kondang di seantero dunia, tetapi Disney kali ini membuat kisah Robin Hood versi binatang. Dalam versi ini, Robin adalah seekor rubah yang cekatan dan merupakan buronan nomor satu di seluruh Nottingham. Pangeran John yang digambarkan sebagai singa jantan tanpa surai—mungkin untuk menunjukkan betapa pengecutnya ia dan tidak pernah bisa bersikap jantan—membenci Robin karena sering mencuri uang kerajaan. Akan tetapi, Robin mencuri dengan alasan kuat yakni karena uang itu diambil secara paksa dari warga yang kelaparan. Sistim pajak pangeran John sangatlah korup dan menyengsarakan rakyat, jauh berbeda dari kakanya yakni Raja Richard yang digambarkan sebagai singa jantan bersurai lebat. Karena Raja Richard sedang bertempur di Perang Salib, Pangeran John bertindak sesuka hati dan memanfaatkan bangsawan rubah cantik Maid Marian untuk menjebak Robin Hood.

22. The Many Adventures of Winnie the Pooh (1977, 11 Maret)

Skor Skywalker: 



Siapa sangka boneka beruang “tak berakal” yang sering dipanggil “silly old bear” alias “beruang tua yang bodoh” oleh Christoper Robin ini justru senantiasa melontarkan komentar-komentar bijak. Pooh adalah boneka beruang milik bocah bernama Christopher Robin yang senang sekali menghabiskan hari-harinya berkhayal seolah bonekanya itu hidup. Film ini mengetengahkan tema masa kanak-kanak yang penuh keceriaan dan tanpa beban. Selain itu, Winne the Pooh juga mengusung tema persahabatan dibalut tingkah lucu Pooh yang terobsesi dengan madu. The Many Adventures of Winnie the Pooh merupakan gabungan dari beberapa segmen cerita yang dirajut dengan pembukaan dan penutupan sehingga keseluruhan ceritanya seolah menyatu.

23. The Rescuers (1977, 22 Juni)

Skor Skywalker: 



Manusia boleh jadi punya United Nations alias Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), tetapi para tikus juga mempunyai lembaga internasional yakni RAS alias Rescue Aid Society (Lembaga Penyelamat). Rapat besar diadakan oleh RAS setelah timnya menemukan sebuah botol berisi surat minta tolong yang ditulis oleh gadis kecil bernama Penny. Tampaknya, Penny dibawa pergi ke tengah rawa dan dipaksa bekerja mencari berlian. Penny ditawan oleh Madam Medusa yang memiliki peliharaan dua ekor alligator yang senantiasa mengawasi gerak-gerik Penny. Dua tikus yaitu Tuan Bernard dan Nona Bianca diberi mandat untuk menjalankan misi penyelamatan mencari Penny.

24. The Fox and the Hound (1981, 10 Juli)

Skor Skywalker:



Film ini menceritakan persahabatan seekor rubah bernama Tod dan seekor anjing pemburu bernama Copper. Tod adalah seekor anak rubah yatim piatu yang dipelihara oleh Janda Tweed. Tetangga Janda Tweed adalah seorang pemburu yang pemarah bernama Amos Slade. Tod tahu bahwa Amos baru saja mendapatkan seekor anak anjing dan langsung mengajaknya berteman. Tod dan Copper seharusnya saling bermusuhan karena anjing pemburu ditugasi untuk memburu rubah. Akan tetapi, karena Tod dan Copper masih kecil, mereka tidak melihat satu sama lain sebagai musuh dan mereka pun berjanji akan bersahabat selamanya. Sayangnya, mereka beranjak dewasa dan Amos melatih Copper menjadi anjing pemburu yang ulung. Mengetahui bahwa peliharaan kesayangannya dalam bahaya, Janda Tweed memutuskan untuk melepaskan Tod ke hutan lindung yang aman dari pemburu. Masalahnya, Amos Slade tetap mengincar Tod dan Copper kini berdedikasi untuk menghabisi Tod.

25. The Black Cauldron (1985, 24 Juli)

Skor Skywalker:



Horned King yang jahat berencana untuk menguasai dunia dengan membangkitkan pasukan tengkorak yang mematikan. Satu-satunya cara membangkitkan pasukannya adalah dengan menggunakan sihir dari kuali hitam ajaib. Keberadaan kuali itu hanya diketahui oleh Hen Wen, seekor babi ajaib yang dimiliki oleh bocah bernama Taran. Horned King kemudian memerintahkan pasukan dan naganya untuk menculik babi itu. Taran berusaha keras menyelamatan Hen Wen tapi malah ikut ditangkap dan dipaksa mengeluarkan kekuatan ajaib babinya karena Taran adalah sang penjaga yang bisa menuntun Hen Wen memunculkan gambaran-gambaran gaib. Karena sadar betul bahaya yang bisa ditimbulkan kalau sampai kuali itu jatuh ke tangan Horned King, Taran kabur dan melempar Henwin keluar istana Horned King. Di dalam istana, Taran bertemu Putri Eilonwy dan ia menemukan pedang sakti yang bisa digunakan untuk menebus/barter kuali hitam dari tangan tiga penyihir licik.

26. The Great Mouse Detective (1986, 2 Juli)

Skor Skywalker:



Di Inggris, hidup seekor tikus detektif kondang bernama Basil yang beralamat di Baker Street. Basil memiliki musuh bebuyutan yang bernama Profesor Ratigan. Suatu ketika, seorang gadis kecil datang ditemani oleh seorang dokter militer. Gadis itu adalah nona Flaversham dan dokter itu adalah dokter Watson. Mereka mendatangi basil karena ayah nona Flaversham diculik oleh kelelawar jahat. Basil langsung tahu bahwa kelelawar itu adalah Fidget, anak buah Ratigan, dan kejadian penculikan itu menandakan bahwa musuhnya sedang menjalankan rencana jahat. Basil pun setuju untuk membantu memecahkan kasus itu. Sayangnya, kali ini Ratigan sudah menyiapkan rencana matang untuk menjebak Basil. The Great Mouse Detective pada dasarnya mengabil inspirasi cerita dari kisah Sherlock Holmes karya Sir Arthur Conan Doyle.

27. Oliver and Company (1988, 18 November)

Skor Skywalker:



Film ini diangkat berdasarkan novel Oliver Twist karya Charles Dickens. Hanya saja, Disney mengganti tokohnya menjadi sekelompok hewan. Oliver adalah seekor anak kucing yatim piatu yang terlantar. Ia kemudian ditampung oleh anjing jalanan bernama Dodger yang mengajarinya cara-cara bertahan hidup di jalanan. Ketika kelompok Dodger melancarkan aksi pencurian, Oliver ditemukan oleh seorang anak kaya bernama Jenny yang kemudian memungut dan mengasuh Oliver sebagai peliharaan kesayangan. Dodger mengira Oliver diculik dan disakiti, jadi ia memutskan untuk membawa pulang Oliver ke kelompoknya. Ketika Dodger berhasil mengambil kembali Oliver dari dalam rumah mewah, Dodger sadar bahwa ternyata Oliver sudah bahagia tinggal bersama Jenny. Oliver pun memutuskan untuk kembali ke rumah Jenny, namun langkahnya terhenti tatkala ia terlibat dalam masalah hutang tuan pemilik Dodger yaitu Mr.Fagin yang harus berhadapan dengan bos mafia Mr. Sykes.

28. The Little Mermaid (1989, 17 November)

Skor Skywalker:



Ariel si putri duyung adalah putri bungsu raja laut Triton yang suaranya paling merdu. Tetapi, Ariel juga yang paling sulit diatur. Ia bahkan lupa kalau ia harus hadir di acara orkestra karena ia menjadi penyanyi utamanya. Ariel sangat menyukai petualangan dan sangat terpukau dengan benda-benda manusia. Suatu ketika, ia muncul ke permukaan dan melihat kapal layar kerajaan dan melihat pangeran Eric di dalamnya. Ariel langsung jatuh hati pada pangeran Eric. Saat badai muncul dan menenggelamkan kapal itu, Ariel menyelamatkan Eric yang tenggelam tak berdaya. Sang pangeran terbangun di daratan tanpa ingat apapun kecuali suara merdu Ariel. Triton yang mengetahui hal ini amat murka karena duyung tidak boleh menyimpan cinta pada manusia. Kemarahan Triton justru semakin memantabkan Ariel untuk minta bantuan penihir laut, Ursula, untuk mengubahnya menjadi manusia. Ursula penuh dengan tipu daya. Meskipun Ariel bisa memiliki kaki, ia harus membayarnya dengan suara merdunya dan harus mendapat ciuman Eric dalam kurun waktu tiga hari. Jika gagal, Ariel akan menjadi koleksi milik Ursula. Sudah tentu Ursula melakukan segala cara untuk mencegah Ariel mendapatkan ciuman Eric.

29. The Rescuers Down Under (1990, 16 November)

Skor Skywalker:



Cody yang tinggal di Asutralia bisa bicara dengan hewan. Suatu ketika, ia mendapat kabar bahwa seekor elang raksasa terjerat perangkap pemburu McLeach. Karena telah menyelamtkan nyawanya, sang elang memberikan sehelai bulunya sebagai tanda terima kasih pada Cody. Anak kecil itu kemudian menyusuri hutan dan malah masuk ke dalam perangkap McLeach. Si pemburu itu melihat bulu elang raksasa ada pada Cody dan memaksa Cody memberi tahu letak sarang elang. Karena menolak, Cody dijebloskan ke dalam kerangkeng bersama hewan-hewan buruan lainnya di markas McLeach. Hewan-hewan sahabat Cody meminta bantuan ke RAS (Rescue Aid Society) di New York yang segera mengirimkan dua anggota terbaiknya yakni Bernard dan Bianca. Ya, ini adalah film lanjutan dari The Rescuers yang rilis pada 1977.

30. Beauty and the Beast (1991, 22 November)

Periksa Skor Skywalker



Belle dianggap sebagai gadis aneh di desanya karena ia suka sekali membaca dan cenderung menyendiri, berbeda dari gadis lain seumurannya. Ia juga merupakan satu-satunya gadis yang tidak menaruh minat pada Gaston, pria idaman para gadis desa. Belle semakin dicap aneh karena ayahnya adalah seorang penemu yang dianggap gila oleh masyaraka luas. Meskipun Belle sama sekali tidak menyukai Gaston, Gaston justru sangat menyukai Belle karena ia adalah gadis tercantik yang pernah Gaston lihat dan ia berambisi untuk memperistri Belle. Setelah menolak Gaston mentah-mentah, kuda milik ayahnya pulang tapi ayahnya tidak ikut dan hal itu membuat Belle panik. Ia pun memacu kudanya untuk kembali ke tempat ayahnya berada. Ternyata, ayah Belle ditawan oleh makhluk buas penghuni kastil tua di tengah hutan yang terpencil. Untuk menyelamatkan ayahnya, Belle membuat perjanjian dengan si monster untuk melepaskan ayahnya dan monster itu bisa menahan Belle sebagai gantinya. Monster itu setuju karena ia sebetulnya adalah pangeran yang dikutuk menjadi buruk rupa dan hanya akan kembali normal jika ada seorang wanita yang bisa mencintainya apa adanya. Baru saja Belle belajar mencintai monster Beast dan Beast belajar menjadi manusia yang baik dan tidak arogan, Gaston mengetahui situas tersebut dan menyusun rencana untuk menghabisi nyawa Beast.

31. Aladdin (1992, 25 November)

Skor Skywalker:



Berlatar di negeri Agrabah, Jafar yang merupakan seorang penasihat kerajaan yang jahat mencari lampu ajaib yang di dalamnya berisi jin sakti pengabul permintaan. Ketika sampai di pintu masuk gua, Jafar diberi tahu bahwa hanya orang tertentu yang bisa masuk, yakni orang dengan kepribadian baik bak berlian mentah. Jafar pun menemukan pemuda bernama Aladdin dan memintanya masuk ke dalam gua. Sebelum masuk, Aladdin diperingatkan untuk tidak menyentuh apapun selain lampu ajaib. Sayangnya, monyet peliharaan Aladdin, Abu, tergoda mengambil sebuah rubi dan gua itu pun kembali terkubur ke dalam tanah, menahan Aladdin di dalamnya. Beruntung, Aladdin masih memiliki lampu ajaib dan sang jin keluar memberikan tiga permintaan. Aladdin yang jatuh cinta pada putri Jasmine meminta jin untuk menjadikannya seorang pangeran supaya bisa menikahi Jasmine. Akhirnya jin mengubah Aladdin si gelandangan menjadi Pangeran Ali Ababwa yang dermawan. Akan tetapi, rencana Aladdin terancam gagal karena Jafar mengetahui siapa Ali Ababwa yang sebenarnya.

32. The Lion King (1994, 15 Juni)

Periksa Skor Skywalker



Bukan hanya menjadi salah satu film terbaik Disney yang paling populer, The Lion King bisa juga dimasukkan dalam jajaran film terbaik dan terpopuler di dunia. Selain berhasil meraih banyak penghargaan, film ini juga merupakan animasi 2 dimensi terlaris sepanjang masa. Hal yang menarik adalah, film ini mulanya digarap oleh sutradara film Oliver and Company, George Scribner, dan diberi judul King of the Jungle. Konsep awalnya adalah sebuah animasi bergaya dokumenter National Geographic. Meskipun pada akhirnya The Lion King sukses, film ini bisa dibilang “dianaktirikan” oleh Disney karena pada waktu itu Disney tidak yakin kalau The Lion King akan meraih sukses dan Disney lebih fokus menggarap film Pocahontas. Karena tidak diangkat dari novel atau sejarah populer, ditambah pengerjaannya mengalami “carut-marut” saat sutradaranya mundur dan diganti sutradara baru dan semua konsep King of the Jungle harus dibuang, Disney semakin yakin The Lion King akan gagal atau paling-paling akan “biasa saja”. Ironisnya, film ini justru sukses besar, bahkan jauh melebihi Pocahontas yang justru mengecewakan. Walau The Lion King diiklankan oleh Disney sebagai “konsep baru”, film ini sebenarnya tidak baru karena mengambil unsur dari cerita Hamlet karya Shakespeare. 

33. Pocahontas (1995, 23 Juni)

Skor Skywalker:



Diangkat dari sejarah tokoh Indian bernama Pocahontas, Disney melakukan pengubahan kreatif secara besar-besaran di film ini. Film Pocahontas memiliki visual yang memukau dan musik yang berkaliber Oscar. Tentu saja hal itu tak lepas dari keseriusan Disney mengerjakan Pocahontas. Disney bahkan mendahulukan Pocahontas di atas The Lion King. Dalam versi Disney, dikisahkan bahwa gubernur Radcliff memimpin ekspedisi ke Amerika untuk menemukan emas layaknya ekspedisi Spanyol yang sukses besar. Ekspedisi Radcliff didampingi oleh petualang bernama John Smith yang bertugas mengawasi dan mempertahankan lokasi perkemahan Kulit Putih dari suku Indian yang “dikenal” dan “diyakini” sebagai manusia bar-bar atau bahkan bukan manusia sama sekali. Tampaknya, suku Indian juga menganggap Kulit Putih sebagai manusia bar-bar yang hanya bisa merusak. Akan tetapi, kedua belah pihak tidak bisa menyadari persamaan mereka dan belajar menghargai perbedaan sampai Pocahontas dan John Smith bertemu dan saling belajar mengenai kebudayaan satu sama lain. John Smith banyak belajar dari Pocahontas dan langsung tahu bahwa negeri Indian tidak menyimpan emas sehingga perjalanan mereka tidak perlu harus merusak lahan dengan menggali secara berlebihan toh tidak ada emas di dalamnya. Namun, gubernur Radcliff sangat yakin kalau Indian mengetahui lokasi emas dan bahkan sengaja menyembunyikannya. Maka, ia menabuh gendering perang dengan kepala suku Indian.

34. The Hunchback of Notre Dame (1996, 21 Juni)

Skor Skywalker:



Claude Frolo, pemimpin yang munafik dan sok suci, menganggap bahwa kaum gipsi adalah tukang sihir yang harus dibasmi. Frolo selalu bicara mengatasnamakan Tuhan dan agama yang suci namun tindakannya sekejam iblis. Dalam salah satu penggerebekan perkumpulan gipsi, Frolo tak sengaja membunuh seorang ibu yang memiliki bayi. Frolo melihat bayi itu dan merasa jijik sekaligus ngeri karena bayi itu cacat dan buruk rupa. Ia berniat menenggelamkan bayi itu, tapi mengurungkan niatnya dan menitipkan bayi itu di katedral Notre Dame Paris. Bayi itu dinamai Quasimodo dan tumbuh besar menyendiri di menara katedral dan hanya mengurusi lonceng dan patung-patung tua. Frolo selalu membanggakan kebaikannya mau merawat manusia cacat dan mengajarinya baca tulis. Quasimodo tidak tahu kalau Frolo membunuh ibunya karena Frolo berkata bahwa ibu Quasimodo merasa jijik pada anaknya sendiri lalu membuangnya. Karena Frolo sudah “berbaik hati” menampung Quasimodo, si bungkuk cacat itu harus selalu menurut padanya. Suatu ketika, Frolo kembali dibuat geram oleh kaum gipsi terutama seorang gadis gipsi cantik jelita bernama Esmeralda. Frolo bukan hanya marah karena ia benci gipsi, tapi juga karena ia jatuh hati pada Esmeralda. Bukannya mengakui kesalahan dan bertobat, Frolo justru menganggap Esmeralda sebagai penyihir yang memberi jampi-jampi supaya Frolo jatuh cinta padanya. Dalam masalah kali ini, Quasimodo menyelamatkan Esmeralda dan tidak mau lagi menurut pada Frolo. Film ini diangkat dari novel karya Victor Hugo berjudul Notre Dame de Paris. Menurut kabar yang beredar luas, Victor Hugo mendapat inspirasi menulis cerita si cacat yang kesepian saat ia mengunjungi katedral Notre Dame dan, di sebuah sudut gelap yang lembab dan jarang dijamah, ia melihat sebuah ukiran yang dipahat dalam-dalam di tembok batu berbunyi “Fate” alias “Nasib”. Tak ayal, Victor terus memikirkan siapa kiranya orang yang mengukir tulisan memilukan tersebut dan bagaimana kondisinya—seburuk apakah nasibnya sampai-sampai mengukir kata tersebut.

35. Hercules (1997, 27 Juni)

Periksa Skor Skywalker



Zeus sangat gembira ketika putranya, Hercules, lahir. Satu-satunya dewa yang tidak bahagia adalah Hades karena menurut ramalan, rencananya akan gagal jika Hercules masih hidup. Hades ingin membangkitkan kekuatan kuno untuk menghancurkan Olympus dan menggulingkan Zeus. Telah diramalkan bahwa Hercules adalah satu-satunya sosok yang bisa menghancurkan rencana tersebut. Maka, Hades meminta anak buahnya untuk menculik bayi Hercules dan memberinya ramuan ajaib sehingga Hercules menjadi manusia biasa yang bisa dibunuh. Beruntungnya, Hercules tidak sempat menghabiskan seluruh ramuan ajaib dan ia masih memiliki sisa kekuatan dewa. Hercules ditemukan oleh pasangan manusia biasa yang merawatnya hingga ia beranjak remaja. Saat itulah ia mengetahui kebenaran bahwa ia sebetulnya anak dewa dan mulai belajar bagaimana menjadi pahlawan agar bisa kembali menjadi dewa. Menyadari bahwa Hersules masih hidup, Hades sangat murka dan melakukan segala cara untuk menyingkirkan Hercules agar rencananya menghancurkan Olympus bisa berjalan lancar.

36. Mulan (1998, 19 Juni)

Periksa Skor Skywalker



Bangsa Hun berhasil melewati tembok besar China guna memulai rencana penyerangan untuk merebut China. Kaisar China meminta jenderal untuk bersiaga dan meminta ajudannya, Shi Fu, untuk merekrut prajurit sebanyak-banyaknya. Maka, sebuah dekrit dikeluarkan bahwa tiap keluarga harus mengirimkan satu anggota keluarga laki-laki untuk bergabung dalam militer. Di keluarga Mulan, ayahnya adalah satu-satunya laki-laki dan sudah sakit-sakitan. Karena tidak mau ayahnya tewas sia-sia, Mulan menyamar sebagai laki-laki dan mendaftar ke pasukan militer menggantikan ayahnya. Karena kodratnya sebagai perempuan, Mulan selalu menjadi prajurit yang paling lemah secara fisik. Namun, Mulan bertekad kuat dan akhirnya ia berhasi menjadi prajurit terbaik bukan dengan otot melainkan dengan otak. Pasukan Mulan dipimpin oleh Kapten Shang dan iring-iringan pasukan mereka dihadang oleh pasukan bangsa Hun yang jumlahnya jauh lebih banyak dan anggotanya jauh lebih beringas. Pasukan Han baru saja berhasil menggempur pasukan terbaik China dan sekarang tinggal Kapten Shang, Mulan, dan pasukannya yang berjumlah sedikit dan kurang pengalaman untuk mempertahankan China dari serangan pasukan Hun pimpinan Shan Yu.

37. Tarzan (1999, 18 Juni)

Skor Skywalker: 



Kala adalah seekor gorilla betina yang baru saja kehilangan anaknya yang dimangsa oleh macan tutul bernama Sabor. Di tengah kesedihannya, ia mendengar tangisan bayi manusia dan bergegas menyelamatkan bayi itu dari incaran Sabor. Ternyata, si macan sudah menghabisi kedua orang tua bayi itu. Kala berteguh hati untuk merawat bayi manusia itu layaknya bayinya sendiri dan menamainya Tarzan. Pasangan Kala, Kerchack, adalah gorilla punggung perak pemimpin kelompok gorilla dan ia tidak setuju dengan keputusan Kala mengadopsi bayi manusia. Walau dengan berat hati, akhirnya Kerchack menerima Tarzan. Saat tarzan beranjak dewasa dan menunjukkan tanda sifat kepemimpinan yang layak untuk menggantikan Kerchack nantinya, seisi huta dihebohkan dengan kedatangan kelompok ilmuwan penjelajah. Salah satu anggota kelompok itu adalah perempuan cantik bernama Jane yang langsung mmbuat Tarzan jauh hati. Kerchack merasa ada bahaya mengancam tetapi Tarzan merasa para manusia itu tidak jahat. Akhirnya Tarzan dan Kerchack berseteru.

38. Fantasia 2000 (1999, 17 Desember)

Skor Skywalker:



Film ini dimaksudkan untuk melanjutkan warisan Walt Disney yang merilis Fantasia pada tahun 1940. Maka, konsep film ini sama dengan konsep Fantasia yakni alunan musik orkestra yang didampingi ilustrasi menghibur dari seniman studio Disney. Fantasia 2000 terdiri dari beberapa segmen yang di antaranya menceritakan migrasi para paus, kesulitan ekonomi di masa depresi, Donald Bebek di bahtera Nabi Nuh, dan masih banyak lagi. Tidak seperti Fantasia yang hanya memiliki satu pembawa acara, Fantasia 2000 menggaet bintang Disney untuk ikut berpartisipasi meramaikan film ini. Di antaranya, film ini menampilkan Angela Lansbury yang mengisi suara Mrs. Potts di Beauty and the Beast, Bette Mindler yang mengisi suara Gerogette di film Oliver and Company, dan James Earl Jones yang mengisi suara Mufasa dalam The Lion King (dia juga merupakan pengisi suara Darth Vader di seri Star Wars).

39. Dinosaur (2000, 19 Mei)

Skor Skywalker:



Film ini dulunya tidak dianggap masuk bagian dari animasi Disney karena filmnya sendiri mrupakan gabungan dari latar belakang nyata (live action) dengan karakter animasi 3 dimensi (CGI). Seiring berjalannya waktu, Dinosaur akhirnya dimasukkan dalam bagian Seri Disney Klasik yang sudah memiliki sejarah panjang sejak Snow White di tahun 1937. Dalam perilisan film Tangled di tahun 2010, Disney secara resmi mencatat Tangled sebagai film ke-50 dan memasukkan Dinosaur sebagai film ke-39. Dalam beberapa versi, film Dinosaur dihapus dari daftar Seri Disney Klasik dan diganti dengan The Wild. Meskipun demikian, mengacu pada daftar yang dirilis resmi oleh Disney, The Wild justru tidak dianggap sebagai bagian dari Seri Disney Klasik. Film Dinosaur menceritakan kisah seekor iguanadon bernama Aladar yang diasuh oleh keluarga lemur. Karena meteor menghancurkan pulau tempat tinggal mereka, Aladar dan keluarga lemurnya terpaksa berkelana dan bergabung dengan kawanan pengembara pimpinan iguanadon Kron yang tak kenal ampun. Film ini merupakan gebrakan besar bagi studio Disney dari segi teknologi dan mungkin karena keberadaannya diakui oleh Roy Disney, kemenakan Walt Disney, film ini wajib masuk kategori Seri Disney Klasik.

40. The Emperor’s New Groove (2000, 15 Desember)

Skor Skywalker:



Kuzco adalah seorang raja tengil yang semaunya sendiri. Kali ini dia ingin sekali mendirikan rumah liburan di atas bukit. Padahal, di atas bukit itu terletak rumah Pacha sekeluarga. Pacha pun meminta Kuzco untuk mempertimbangkan keinginannya lagi dan mencari lokasi lain. Sifat Kuzco yang semaunya sendiri, membuatnya memiliki banyak musuh. Selain membuat Pacha membencinya, Kuzco juga sangat dibenci oleh penasihatnya sendiri, Yzma. Yzma sendiri adalah seorang nenek tua energik yang licik dan ingin mengambil alih kerajaan. Untuk melancarkan hasratnya, Yzma meminta asistennya, Kronk, untuk mencampur minuman Kuzco dengan racun mematikan. Sialnya, Yzma salah memberikan botol racun dan malah memberikan botol ramuan pengubah wujud. Ramuan itu mengubah Kuzco menjadi seekor llama. Yzma memerintahkan Kronk untuk menyingkirkan Kuzco tetapi secara tidak sengaja Kuzco malah dipertemukan dengan Pacha yang mau membantu Kuzco kembali ke wujud semula asal ia bersedia memindahkan lokasi rumah liburannya. Film ini mungkin merupakan film terlucu dari jajaran seri Disney klasik.

41. Atlantis: The Lost Empire (2001, 15 Juni)

Skor Skywalker: 



Milo James Thatch mengundurkan diri dari museum karena pihak museum tidak mau mendukung ekspedisi pencarian Atlantis walaupun Milo sudah mengumpulkan semua petunjuk yang dibutuhkan. Tuan Whitmore, seorang milyuner, kebetulan merupakan sahabat kakek Milo yang bersedia membiayai ekspedisi besar-besaran mencari keberadaan Atlantis. Ekspedisi itu dipimpin oleh Komandan Rourke yang sebelumnya pernah memimpin ekspedisi kakek Milo mencari buku Shepherd’s Journal yang berisikan peta arah menuju Atlantis. Milo direkrut sebagai navigator karena ia satu-satunya yang mengerti bahasa yang dipakai di buku itu. Ekspedisi itu mengalami berbagai kendala luar biasa, salah satunya adalah serangan monster mekanik yang membumihanguskan lebih dari separuh tim ekspedisi. Akhirnya, Milo berhasil menuntun timnya masuk ke Atlantis dan mereka disambut oleh putri Kida. Ayah Kida, Raja Kashekim Nedakh, tidak menyukai para penjelajah dan meminta mereka segera pergi.

42. Lilo and Stitch (2002, 21 Juni)

Skor Skywalker:



Jumba Jookiba, ilmuwan antar galaksi, ditahan karena melakukan eksperimen illegal menciptakan senjata biologi. Senjata terbarunya, Eksperimen 626 terdampar di planet bumi dan ditangkap oleh penampungan anjing. Ia kemudian diadopsi oleh seorang gadis kecil bernama Lilo. Tidak ada yang tahu kalau anjing yang diadopsi Lilo itu adalah alien hasil eksperimen genetik. Lilo menamai anjingnya Stitch. Baik Lilo maupun Stitch sama-sama usil dan sering membuat orang lain jengkel. Mereka berdua selalu diawasi oleh petugas dinas sosial Tuan Cobra Bubbles yang merupakan mantan agen CIA dan mencurigai keberadaan makhluk asing di bumi.

43. Treasure Planet (2002, 27 November)

Skor Skywalker: 7/10



Jim Hawkins adalah remaja urakan yang keluar-masuk penjara. Suatu ketika, pesawat Billy Bones jatuh di depan penginapan ibunya, dan Jim membawanya masuk beserta peti rahasianya. Di dalam peti itu tersimpan peta harta karun yang menunjukkan lokasi harta rampasan Nathaniel Flint. Karena peta itu tak ternilai harganya, segerombolan perompak membobol masuk penginapan dan memporak-porandakan isinya untuk mendapatkan peta itu. Dibantu oleh Dr. Doppler, Jim dan ibunya berhasil melarikan diri. Jim dan Doppler sepakat untuk melakukan ekspedisi mencari harta karun dengan peta yang Jim dapatkan dari Billy Bones. Doppler kemudian menyewa kapal RLS Legay dengan kapten Amelia. Di dalam kapal, Jim bertemu dengan seorang Cyborg bernama John Silver yang senantiasa mengajarinya berbagai hal dan melindunginya dari masalah dengan awak kapal lainnya. Sebenarnya, John Silver memiliki rencana tersembunyi yang bisa membahayakan nyawa Jim. Film Disney ini pada dasarnya merupakan adaptasi dari cerita Treasure Planet. Tapi bukannya menggunakan latar zaman bajak laut, Disney mengubah latarnya menjadi petualangan atariksa.

44. Brother Bear (2003, 1 November)

Skor Skywalker:



Alkisah ada tiga bersaudara: Sitka, Denahi, dan Kenai. Dalam kebudayaan mereka, setiap seorang anak beranjak dewasa atau akil balik akan mendapat totem atau perlambangan diri dalam bentuk binatang. Perayaan akil balik adalah perayaan besar dan salah satu hidangannya adalah salmon. Karena kali ini adalah peraayaan akil balik Kenai, ia dan kedua kakanya pergi menangkap salmon. Kenai yang ditugasi mengikat keranjang salmon di atas pohon malah terburu-buru sehingga semua salmon jatuh ke tanah dan dimakan oleh beruang. Kenai kemudian justru mendapat totem beruang kasih sayang padahal Kenai benci beruang. Seekor beruang baru saja mencuri keranjang ikan milik Denahi dan membuat Sitka terbunuh. Kenai berekad untuk menghabisi nyawa beruang itu. Setelah berhasil membunuh beruang itu, arwah leluhur dan kakanya, Sitka, memberi pelajaran pada Kenai dengan cara mengubah wujudnya menjadi seekor beruang. Hal itu dilakukan supaya Kenai bisa belajar memahami alam dan merefleksi atas apa yang telah ia perbuat.

45. Home on the Range (2004, 2 April)

Periksa Skor Skywalker



Para pemilik ternak sapi dibuat tak berdaya oleh penjahat Alameda Slim yang selalu berhasil mencuri sekawanan sapi tanpa meninggalkan jejak. Slim kemudian menyamar menjadi Tuan Yancy O’del dan menggunakan uang hasil pencurian sapi untuk membeli tanah peternakan yang disita bank karena gagal bayar hutang karena sapi-sapi mereka hilang. Satu-satunya tanah peternakan yang belum dimiliki oleh Slim adalah peternakan kecil bernama Patch of Heaven. Peternakan itu akan dilelang karena gagal bayar hutang. Tiga ekor sapi di peternakan itu kemudian menyusun rencana untuk menangkap Slim karena uang hadiah bagi penangkap Slim cukup untuk membayar hutang dan merebut kembali Patch of Heaven.

46. Chicken Little (2005, 4 November)

Skor Skywalker: 7/10



Seisi kota digegerkan oleh lonceng darurat yang dibunyikan oleh Chicken Little. Si anak ayam berceloteh bahwa langit akan runtuh karena sebongkah serpihan langit jatuh menimpanya. Tetapi tentu saja seisi kota tidak percaya dan menganggap bahwa ia cuma kejatuhan buah ek saja dan menganggap Chicken Little sudah gila. Setelah kejadian itu, semua yang ia lakukan pasti berakhir menjadi masalah sampai ia memutuskan untuk mendaftar ke tim bisbol. Karena lawan bisbol menyepelekan Chicken Little, mereka semua bersantai menunggu Chicken Little gagal memukul bola dan mundur digantikan pemain lain. Alhasil, saat Chicken Little berhasil memukul bola, tim lawan kalang kabut karena tidak siap dan akhirnya tim Chicken Little menang. Kemenangannya menghapus kenangan orang soal insiden langit runtuh. Sayangnya, ternyata langit benar-benar akan runtuh!

47. Meet the Robinsons (2007, 30 Maret)

Skor Skywalker:



Lewis diserahkan ke panti asuhan oleh ibunya sejak bayi. Ia tumbuh menjadi seorang anak jenius yang sayangnya selalu gagal mendapat orang tua asuh. Lewis tidak pernah mengetahui siapa orangtuanya dan bertekad membuat sebuah alat yang bisa memunculkan ingatan manusia ke sebuah layar. Saat alat itu diikutsertakan dalam lomba ilmiah, seorang penjahat dari masa depan datang dan menyabotase alat Lewis sehingga alat itu rusak. Setelah mengalami kegagalan, Lewis didatangi oleh seorang anak dari masa depan bernama Wilbur. Anak itu mengatakan bahwa seorang penjahat bertopi bundar telah mencuri salah satu mesin waktu milik keluarganya dan punya niat jahat mengubah masa depan. Wilbur meminta bantuan Lewis untuk membuat lagi mesinnya karena mesin itu berdampak signifikan di masa depan. Mereka harus bergegas melawan waktu karena si penjahat topi bundar berniat mencuri alat Lewis dan mengklaim alat itu sebagai temuannya.

48. Bolt (2008, 21 November)

Skor Skywalker:



Bolt berhasil mengalahkan sepasukan penjahat anak buah pria bermata hijau. Anjing itu telah ditingkatkan kekuatannya secara genetik sehingga ia punya kekuatan luar biasa, punya penglihatan laser, dan punya gonggongan yang sekuat angin topan. Semua itu bisa disaksikan di layar kaca alias semua itu hanya adegan di serial televisi. Masalahnya, Bolt menganggap itu semua nyata dan kabur dari studio film untuk menyelamatkan majikannya, Penny. Seiring berjalannya waktu, Bolt menyadari bahwa semua kekuatannya adalah palsu. Bolt mendapatkan pelajaran dengan keras tentang apa itu realita dan makna hidup serta persahabatan.

49. The Princess and the Frog (2009, 11 Desember)

Periksa Skor Skywalker



Film ini menceritakan versi kisah tak terduga dari dongeng Pangeran Katak. Dikisahkan bahwa Pangeran Naveen dikhianati oleh pelayannya sendiri. Naveen diubah menjadi seekor katak dengan sihir ahli Voodoo Facilier alias Si Manusia Bayangan, sedangkan pelayannya menyamar menjadi Naveen untuk bisa menguasai harta penghusaha kaya raya di New Orleans yang putrinya ingin menikahi Naveen. Di sebuah pesta kostum, Naveen katak kabur dan bertemu seorang putri cantik. Ia pun meminta putri itu untuk menciumnya karena ciuman putri bisa membuatnya menjadi manusia lagi. Tanpa disangka, setelah dicum putri itu justru ikut menjadi seekor katak. Ternyata, mantranya gagal dan justru mengenai sang putri karena ia bukanlah putri, melainkan seorang pelayan biasa bernama Tiana (ia menjadi putri karena di dalam pesta kostum, ia memakai gaun kostum seorang putri). Kedua katak itu kemudian melakukan perjalanan mencari Mama Odie, Ratu ilmu Voodoo paling masyhur di wilayah Selatan untuk minta bantuan menghilangkan kutukan Si Manusia Bayangan.

50. Tangled (2010, 24 November)

Skor Skywalker:



Dahulu, tetesan cahaya matahari memercik permukaan bumi. Dari percikan tersebut, tumbuhlah sebuah bunga ajaib. Ibu Gothel yang tua renta, mengetahui akan manfaat bunga itu. Ia bernyanyi dan kecantikannya kembali seperti semula. Tapi kecantikan tersebut tidak abadi. Gothel harus rutin menyanyikan harapannya. Suatu hari, Sri Ratu terserang penyakit. Padahal ia akan melahirkan anak pertamanya. Raja memerintahkan untuk mencari segala macam obat. Para prajurit menemukan bunga titisan cahaya matahari dan meraciknya menjadi obat untuk sang ratu. Alhasil, sang ratu sembuh dan seorang putri lahir. Putri tersebut sangat cantik dan memiliki rambut berwarna emas dan mewarisi keajaiban bunga titisan cahaya matahari. Gothel yang mengetahui hal ini tidak tinggal diam.

51. Winnie the Pooh (2011, 15 Juli)

Skor Skywalker:



Terinspiasi dari tokoh beruang lucu karya A.A. Milne, Disney kembali menciptakan kisah Winnie The Pooh dengan kisah yang baru. Dikisahkan, Eeyore, si keledai, kehilangan ekornya. Pooh yang mengetahui hal ini langsung menuju rumah Owl untuk meminta bantuan. Dalam perjalanan perut Pooh terus berbunyi karena ia sangat lapar lantaran semua persediaan madunya habis. Setibanya di rumah Owl, Pooh menceritakan keluhan Eeyore. Owl memiliki ide. Pooh, Owl, dan Eeyore bergegas menuju tempat tinggal sahabat mereka, Christopher Robin, untuk meminta bantuan. Dibuatlah sebuah sayembara. Barang siapa menemukan ekor Eeyore, akan mendapat madu. Pooh sangat senang mendengar hal ini. Maka Pooh, Rabbit, Kanga, Roo, Owl, Piglet, Tigger, dan Christopher Robin bergegas mencari barang apa saja yang mungkin bisa menjadi ekor baru Eeyore. Di tengah pencarian, tiba-tiba Christopher Robin menghilang dengan meninggalkan catatan kecil. Karena kesulitan menafsirkan maknanya, Pooh meminta Owl untuk menafsirkannya. Hasilnya, Owl menyimpulkan bahwa Christopher Robin diculik oleh makluk bernama Backson yang menyukai perkakas rumah tangga. Rencana pencarian ekor Eeyore pun tergantikan dengan rencana penangkapan Backson guna menyelamatkan Christopher Robin.

52. Wreck-it Ralph (2012, 2 November)

Skor Skywalker:



Di sebuah arena game arcade, ada sebuah permainan bernama Wreck-it-Ralph. Permainan ini punya jalan cerita seorang penjahat yang suka menghancurkan gedung bernama Ralph dan user akan memainkan karakter Fix-it-Felix yang mempunyai misi memperbaiki gedung yang dihancurkan Ralph. Di akhir permainan, Felix selalu mendapat pujian dan Ralph selalu diasingkan. Hal ini membuat Ralph tidak terima karena ia juga ingin diapresiasi. Puncak kekecewaan Ralph trjadi ketika game Wreck-it-Ralph berulang tahun ke-30 dan semua karakter di game itu, bahkan Pacman, diundang menghadiri pesta ulang tahun. Namun, Ralph yang jelas-jelas bagian dari game malah tidak diundang dan tidak diinginkan kehadirannya. Maka, Ralph berambisi mencari medali dari game lainnya di dalam Arcade supaya ia bisa menjadi Pahlawan bukannya Penjahat dan bisa diapresiasi oleh karakter game lainnya. Perjalanan Ralph mencari medali ini mengacaukan stabilitas sistim permainan di seluruh arena arcade.

53. Frozen (2013, 22 November)

Skor Skywalker: 10/10



Sebuah sensasi dunia animasi, sebuah guncangan mengejutkan dari Disney. Terinspirasi dari kisah The Snow Queen dari Hans Christian Andersen, hadirlah sebuah animasi spektakuler tentang cinta kasih persaudaraan. Setelah raja dan ratu meninggal dalam kecelakaan kapal, Elsa diangkat menjadi ratu. Ia adalah sosok yang penuh misteri, berbanding terbalik dengan adiknya, Anna, yang selalu ceria. Di malam pesta penobatan, Anna meminta izin pada Elsa, kakaknya, untuk menikahi seorang pangeran yang baru saja dikenalnya. Elsa tidak mau, namun Anna terus mendesak hingga membuat Elsa tertekan. Dalam keadaan tertekan, Elsa membongkar rahasia besarnya: bahwa ia memiliki kekuatan mengendalikan es. Kekuatannya ternyata membuat seluruh wilayah kerajaan ditutupi es yang membeku. Hanya cinta kasih persaudaraan sejati yang mampu melewati segala rintangan sedingin es ini. Dengan lagu sensasional, Let it Go, Frozen adalah sebuah maha karya animasi.

54. Big Hero 6 (2014, 7 November)

Skor Skywalker:



Inilah animasi Disney yang mempunyai aura khas film superhero Marvel, bahkan ada Stan Lee di dalamnya! Big Hero 6 menceritakan kisah Hiro Hamada, seorang anak 14 tahun yang jenius dalam bidang robotik. Hiro tidak suka sekolah dan lebih memilih rutin ikut pertandingan robot karena robotnya selalu menang. Kakak Hiro, Tadashi, merasa adiknya menyia-nyiakan bakatnya dan menyarankan Hiro untuk masuk universitas khusus para ilmuwan hebat. Dalam sebuah pameran penemu, terjadi kebakaran yang menewaskan Tadashi. Hiro pun menemukan robot temuan Tadashi yang berupa robot perawat bernama Baymax. Hiro yang tenggelam dalam kesedihan perlahan-lahan menemukan semangat hidup karena ia pun sadar bahwa ada ingatan kakaknya di dalam Baymax dan kakaknya tidak ingin Hiro terpuruk meratapi kematiannya—lagipula, Baymax dibuat untuk membuat pasien merasa baikan, seolah-olah memang diciptakan untuk menjaga Hiro.

55. Zootopia (2016, 4 Maret)

Skor Skywalker: 7.5/10



Disney memang dikenal mampu membuat film dengan karakter binatang yang disukai penonton. Namun, setelah tahun 2000 tidak ada lagi film bertajuk binatang yang menjadi fenomenal seperti Bambi atau The Lion King. Film Bolt di tahun 2008 tidak begitu berdampak luas secara kultural dan setelahnya Disney bisa dikatakan cukup lama abstain membuat film layar lebar bertajuk binatang (Winnie the Pooh di 2011 sebenarnya adalah boneka dan “hanya” meneruskan tradisi Winnie the Pooh terdahulu, bukan sebuah konsep baru). Di tahun 2016 Disney akhirnya merilis Zootopia dan bisa dikatakan bahwa ini adalah film ke-3 Disney yang karakternya benar-benar sepenuhnya binatang setelah Robin Hood dan The Lion King. Zootopia mencertakan kisah seekor kelinci bernama Judy Hopps yang bercita-cita menjadi polisi. Film ini berlatar di sebuah dunia di mana semua hewan hidup berdampingan di kota layaknya manusia, baik itu kernivora maupun herbivora karena mereka sudah “berevolusi” dan belajar hidup berdampingan. Sama halnya dengan adanya stereotype di dunia manusia, dunia di film Zootopia juga dipenuhi stereotype dan Judy Hopps mengalami kesulitan menjadi polisi karena seekor kelinci akan otomatis diasumsikan sebagai petani sayur dan tidak cocok menjadi polisi. Akan tetapi, Judy berjuang keras hingga akhirnya berhasil menjadi kelinci pertama yang resmi menjadi polisi. Misi besar pertama yang harus ditangani Judy sangatlah besar dan menantang, yakni menyelidiki kasus hewan-hewan karnivora yang tiba-tiba menjadi buas seakan-akan evolusi mereka lenyap dan mereka kembali ke zaman primitif.

56. Moana (2016, 23 November)

Skor Skywalker:



Pulau tempat tinggal Moana perlahan-lahan “mati” di mana tanah menjadi tidak subur dan tumbuhan pun gersang atau tidak berbuah. Selain itu, tidak ada ikan yang mendekat ke pulau. Padahal, masyarakat pulau tidak diizinkan berlayar melebihi batas karena dianggap terlalu berbahaya. Kepala suku, ayah Moana, meyakni bahwa hal itu hanya bersifat sementara dan hanya masalah alam saja. Akan tetapi, nenek Moana tahu pasti bahwa kejadian itu merupakan bentuk kutukan karena batu Tefiti dicuri oleh manusia setengah dewa bernama Maui. Untuk bisa mengembalikan kesuburan pulaunya, Moana harus berlayar ke luar batas untuk menemukan Maui dan memintanya mengembalikan batu Tefiti ke tempatnya semula. Tampaknya, Maui bukanlah orang yang mudah diajak kerja sama. Lagipula, Maui kehilangan benda pusaka yang menyimpan kekuatannya. Benda itu ada di tangan lobster raksasa Tamatoa.

57. Ralph Breaks the Internet (2018, 21 November)

Skor Skywalker: 6/10



Jika sebelumnya petualangan Ralph terbatas pada sebuah arena arcade saja, kali ini Ralph disambungkan ke internet dan ia pun bisa berselancar mengeksplorasi dunia digital. Ada banyak sekali aplikasi atau situs yang kita kenal dan pakai sehari-hari yang muncul dan dieksplor oleh Ralph dan sahabatnya, Venellope. Masalah dimulai saat game Sugar Rush tempat tinggal Venellope rusak berat dan perusahaan pembuat game-nya sudah lama tutup. Satu-satunya kesempatan memperbaiki game itu adalah dengan suku cadang yang dijual online. Akan tetapi, karena sangat langka, harganya menjadi sangat mahal. Untuk itulah Ralph menjelajah internet untuk mencari cara agar bisa mendapatkan banyak uang dan menebus suku cadang yang dibutuhkan. Tapi Ralph dan Venellope harus bergegas karena game Sugar Rush akan segera disingkirkan karena dianggap tidak mungkin lagi diperbaiki.

58. Frozen II (2019, 22 November)

Skor Skywalker:



Ada banyka misteri yang belum terjawab dalam film Frozen, misalnya dari mana kekuatan Elsa berasal dan seberapa dahsyat kekuatannya atau adakah keajaiban lain yang bisa Elsa lakukan. Film Frozen II mencoba mengeksplorasi asal-usul kekuatan Elsa yang di dalamnya termasuk membongkar asal-usul orangtua Elsa dan Anna. Selain itu, film ini juga melanjutkan babak baru kisah cinta Anna dan Kristoff.

59. Raya and the Last Dragon (2021, 5 Maret)

Periksa SkorSkywalker

Film ini menceritakan petualangan seorang puteri bernama Raya yang berpetualang untuk menyelamatkan dunia dari serangan Druun. Ketika bola ajaib yang menangkal para Druun pecah, umat manusia kembali hidup dalam rasa takut. Bukannya bersatu untuk mengalahkan Druun, tiap-tiap kerajaan manusia ingin memiliki bola ajaib itu untuk kerajaan mereka sendiri. Karena terlalu percaya pada puteri kerajaan tetangga, Raya harus menanggung akibat ketika puteri yang ia percaya justru berniat jahat untuk mencuri bola tersebut. Raya harus menyatukan kembali pecahan bola Kristal dibantu oleh seekor naga legendaris bernama Sisu. Manusia harus belajar untuk hidup damai jika ingin dunia kembali seperti semula.

60. Encanto

Released films 1973-2000

#

Film

Release date

Director(s)

Producer(s)

1

Snow White and the Seven Dwarfs

December 21, 1937

Supervising Director: David Hand
Sequence Directors: Billy CottrellWilfred JacksonLarry MoreyPerce Pearce, & Ben Sharpsteen

Walt Disney

2

Pinocchio

February 7, 1940

Supervising Directors: Hamilton Luske & Ben Sharpsteen
Sequence Directors: Norman FergusonJack Kinney, Wilfred Jackson, T. Hee, & Bill Roberts

3

Fantasia

November 13, 1940

James Algar, Samuel Armstrong, Ford Beebe, Norm Ferguson, David Hand, Jim Handley, T. Hee, Wilfred Jackson, Hamilton Luske, Bill Roberts, Paul Satterfield, & Ben Sharpsteen

Walt Disney & Ben Sharpsteen

4

Dumbo

October 23, 1941

Supervising Director: Ben Sharpsteen
Sequence Directors: Samuel Armstrong, Norman Ferguson, Wilfred Jackson, Jack Kinney, & Bill Roberts

Walt Disney

5

Bambi

August 13, 1942

Supervising Director: David Hand
Sequence Directors: James Algar, Samuel Armstrong, Graham Heid, Bill Roberts, Paul Satterfield, & Norman Wright

6

Saludos Amigos

February 6, 1943

Norm Ferguson, Wilfred Jackson, Jack Kinney, Hamilton Luske, & Bill Roberts

7

The Three Caballeros

February 3, 1945

Supervising Director: Norm Ferguson
Sequence Directors: Clyde Geronimi, Jack Kinney, Bill Roberts, & Harold Young

8

Make Mine Music

April 20, 1946

Clyde Geronimi, Jack Kinney, Hamilton Luske, Joshua Meador, & Robert Cormack

9

Fun and Fancy Free

September 27, 1947

Jack Kinney, Hamilton Luske, William Morgan, & Bill Roberts

10

Melody Time

May 27, 1948

Clyde Geronimi, Wilfred Jackson, Jack Kinney, & Hamilton Luske

11

The Adventures of Ichabod and Mr. Toad

October 5, 1949

James Algar, Clyde Geronimi, & Jack Kinney

12

Cinderella

February 15, 1950

Clyde Geronimi, Wilfred Jackson, & Hamilton Luske

13

Alice in Wonderland

July 28, 1951

14

Peter Pan

February 5, 1953

15

Lady and the Tramp

June 22, 1955

16

Sleeping Beauty

January 29, 1959

Supervising Director: Clyde Geronimi
Sequence Directors: Les ClarkEric Larson, & Wolfgang Reitherman

17

One Hundred and One Dalmatians

January 25, 1961

Clyde Geronimi, Hamilton Luske, & Wolfgang Reitherman

18

The Sword in the Stone

December 25, 1963

Wolfgang Reitherman

19

The Jungle Book

October 18, 1967

20

The Aristocats

December 24, 1970

Winston Hibler & Reitherman

21

Robin Hood

November 8, 1973

Reitherman

22

The Many Adventures of Winnie the Pooh

March 11, 1977

John Lounsbery & Wolfgang Reitherman

Reitherman[a]

23

The Rescuers

June 22, 1977

John Lounsbery, Wolfgang Reitherman, & Art Stevens

Reitherman and Ron W. Miller

24

The Fox and the Hound

July 10, 1981

Ted Berman, Richard Rich, & Art Stevens

Ron W. Miller, Wolfgang Reitherman & Stevens

25

The Black Cauldron

July 24, 1985

Ted Berman & Richard Rich

Joe Hale & Ron W. Miller

26

The Great Mouse Detective

July 2, 1986

Ron Clements, Burny Mattinson, David Michener & John Musker,

Mattinson

27

Oliver & Company

November 18, 1988

George Scribner

Kathleen Gavin

28

The Little Mermaid

November 17, 1989

The Little Mermaid by Hans Christian Andersen

Alan Menken

29

The Rescuers Down Under

November 16, 1990

Hendel Butoy & Mike Gabriel

Thomas Schumacher

30

Beauty and the Beast

November 22, 1991

Gary Trousdale & Kirk Wise

Don Hahn

31

Aladdin

November 25, 1992

John Musker & Ron Clements

Musker & Clements

32

The Lion King

June 24, 1994

Roger Allers & Rob Minkoff

Don Hahn

33

Pocahontas

June 23, 1995

Mike Gabriel & Eric Goldberg

James Pentecost

34

The Hunchback of Notre Dame

June 21, 1996

Gary Trousdale & Kirk Wise

Don Hahn

35

Hercules

June 27, 1997

John Musker & Ron Clements

Alice Dewey, Musker & Clements

36

Mulan

June 19, 1998

Tony Bancroft & Barry Cook

Pam Coats

37

Tarzan

June 18, 1999

Chris Buck & Kevin Lima

Bonnie Arnold

38

Fantasia 2000

December 16, 1999

James Algar, Paul & Gaëtan Brizzi, Hendel Butoy, Francis Glebas, Eric Goldberg, Don Hahn, & Pixote Hunt

Roy E. Disney & Donald W. Ernst

39

Dinosaur

May 19, 2000

Ralph Zondag & Eric Leighton

Pam Marsden

40

The Emperor's New Groove

December 15, 2000

Mark Dindal

Randy Fullmer

Released films 2001-2021

#

Film

Release date

Director(s)

Producer(s)

41

Atlantis: The Lost Empire

June 15, 2001

Gary Trousdale & Kirk Wise

Don Hahn

42

Lilo & Stitch

June 21, 2002

An unpublished children's book by Sanders

Alan Silvestri

43

Treasure Planet

November 27, 2002

John Musker & Ron Clements

Roy Conli, Musker & Clements

44

Brother Bear

November 1, 2003

Aaron Blaise & Robert Walker

Chuck Williams

45

Home on the Range

April 2, 2004

Will Finn & John Sanford

Alice Dewey Goldstone

46

Chicken Little

November 4, 2005

Mark Dindal

Randy Fullmer

47

Meet the Robinsons

March 30, 2007

Stephen J. Anderson

Dorothy McKim

48

Bolt

November 21, 2008

Byron Howard & Chris Williams

Clark Spencer

49

The Princess and the Frog

December 11, 2009

John Musker & Ron Clements

Peter Del Vecho

50

Tangled

November 24, 2010

Nathan Greno & Byron Howard

Roy Conli

51

Winnie the Pooh

July 15, 2011

Stephen J. Anderson & Don Hall

Peter Del Vecho & Clark Spencer

52

Wreck-It Ralph

November 2, 2012

Rich Moore

Clark Spencer

53

Frozen

November 27, 2013

Chris Buck & Jennifer Lee

Peter Del Vecho

54

Big Hero 6

November 7, 2014

Don Hall & Chris Williams

Roy Conli

55

Zootopia

March 4, 2016

Byron Howard & Rich Moore

Clark Spencer

56

Moana

November 23, 2016

John Musker & Ron Clements

Osnat Shurer

57

Ralph Breaks the Internet

November 21, 2018

Phil Johnston & Rich Moore

Clark Spencer

58

Frozen II

November 22, 2019

Chris Buck & Jennifer Lee

Peter Del Vecho

59

Raya and the Last Dragon

March 5, 2021

Don Hall & Carlos López Estrada

Osnat Shurer & Peter Del Vecho

60

Encanto

November 24, 2021

Jared Bush & Byron Howard

Yvett Merino & Clark Spencer

2022-Present
Upcoming films

#

Film

Release date

Director(s)

Producer(s)

61

Strange World[5][7]

November 23, 2022[8]

Don Hall[3]

Roy Conli

62

TBA

November 22, 2023[8]

Carlos López Estrada[4]

TBA

Box office grosses

Film

Budget

Opening

Domestic

Worldwide

Ref.

Snow White and the Seven Dwarfs

$1.5 million

N/A

$184.9 million

$416.0 million

[9][10]

Pinocchio

$2.6 million

N/A

$84.3 million

N/A

[11]

Fantasia

$2.3 million

N/A

$76.4 million

N/A

[12]

Dumbo

$950,000

N/A

$1.6 million

N/A

[13]

Bambi

$1.7 million

N/A

$102.2 million

$267.4 million

[14]

Saludos Amigos

N/A

N/A

N/A

N/A

The Three Caballeros

N/A

N/A

N/A

N/A

Make Mine Music

N/A

N/A

N/A

$2.25 million

Fun and Fancy Free

N/A

N/A

N/A

$2.4 million

Melody Time

N/A

N/A

N/A

$1.8 million

The Adventures of Ichabod and Mr. Toad

N/A

N/A

N/A

N/A

Cinderella

$2.9 million

N/A

$85.0 million

$263.6 million

[15]

Alice in Wonderland

$3 million

N/A

$5.2 million

N/A

[16]

Peter Pan

$4 million

N/A

$87.4 million

$145.0 million

[17][18]

Lady and the Tramp

$4 million

N/A

$93.6 million

N/A

[19]

Sleeping Beauty

$6 million

N/A

$51.6 million

N/A

[20]

One Hundred and One Dalmatians

$3.6 million

N/A

$144.9 million

$215.9 million

[21][22]

The Sword in the Stone

$3 million

N/A

$22.2 million

N/A

[23][24]

The Jungle Book

$4 million

N/A

$141.8 million

$205.8 million

[25]

The Aristocats

$4 million

N/A

$55.7 million

N/A

[26][27]

Robin Hood

$5 million

N/A

$32.1 million

N/A

[28][29]

The Many Adventures of Winnie the Pooh

N/A

N/A

N/A

N/A

The Rescuers

$7.5 million

N/A

$71.2 million

N/A

[30][31]

The Fox and the Hound

$12 million

N/A

$63.5 million

N/A

[32][33]

The Black Cauldron

$44 million

$4.2 million

$21.3 million

N/A

[34][35]

The Great Mouse Detective

$14 million

$3.2 million

$38.6 million

N/A

[36]

Oliver & Company

$31 million

$4.0 million

$74.2 million

N/A

[37]

The Little Mermaid

$40 million

$6.0 million

$111.5 million

$211.3 million

[38][39]

The Rescuers Down Under

$37.9 million

$3.5 million

$27.9 million

$47.4 million

[40][41]

Beauty and the Beast

$25 million

$9.6 million

$219.0 million

$425.0 million

[42]

Aladdin

$28 million

$19.3 million

$217.4 million

$504.1 million

[43]

The Lion King

$45 million

$40.9 million

$422.8 million

$968.5 million

[44]

Pocahontas

$55 million

$29.5 million

$141.6 million

$346.1 million

[45]

The Hunchback of Notre Dame

$70 million

$21.0 million

$100.1 million

$325.3 million

[46][47]

Hercules

$85 million

$21.5 million

$99.1 million

$252.7 million

[48]

Mulan

$90 million

$22.7 million

$120.6 million

$304.3 million

[49][50]

Tarzan

$130 million

$34.2 million

$171.1 million

$448.2 million

[51]

Fantasia 2000

$80 million

$2.9 million

$60.7 million

$90.9 million

[52]

Dinosaur

$127.5 million

$38.9 million

$137.7 million

$349.8 million

[53][54]

The Emperor's New Groove

$100 million

$9.8 million

$89.3 million

$169.3 million

[55]

Atlantis: The Lost Empire

$120 million

$20.3 million

$84.1 million

$186.1 million

[56]

Lilo & Stitch

$80 million

$35.3 million

$145.8 million

$273.1 million

[57]

Treasure Planet

$140 million

$12.1 million

$38.2 million

$109.6 million

[58]

Brother Bear

$46 million

$19.4 million

$85.3 million

$250.4 million

[59][60]

Home on the Range

$110 million

$13.9 million

$50.0 million

$145.5 million

[61]

Chicken Little

$150 million

$40.0 million

$135.4 million

$314.4 million

[62]

Meet the Robinsons

$150 million

$25.1 million

$97.8 million

$169.3 million

[63][64]

Bolt

$150 million

$26.2 million

$114.1 million

$310.0 million

[65]

The Princess and the Frog

$100 million

$24.2 million

$104.4 million

$267.0 million

[66][67]

Tangled

$260 million

$48.8 million

$200.8 million

$591.8 million

[68]

Winnie the Pooh

$30 million

$7.9 million

$26.7 million

$49.9 million

[69]

Wreck-It Ralph

$165 million

$49.0 million

$189.4 million

$471.2 million

[70]

Frozen

$150 million

$67.4 million

$400.7 million

$1.290 billion

[note 1]

Big Hero 6

$165 million

$56.2 million

$222.5 million

$657.8 million

[71]

Zootopia

$150 million

$75.1 million

$341.3 million

$1.024 billion

[72]

Moana

$150 million

$56.6 million

$248.8 million

$643.3 million

[73]

Ralph Breaks the Internet

$175 million

$56.2 million

$201.1 million

$529.3 million

[74]

Frozen II

$150 million

$130.3 million

$477.4 million

$1.450 billion

[75]

Raya and the Last Dragon

$100 million

$8.5 million

$54.7 million

$130.4 million

[76]

Encanto

$120–150 million

$27.2 million

$95.4 million

$250.2 million

[77]



Critical response

Film

Critical

Public

Rotten Tomatoes

Metacritic

CinemaScore[78]

Snow White and the Seven Dwarfs

98%[79]

95[80]

N/A

Pinocchio

100%[81]

99[82]

Fantasia

95%[83]

96[84]

Dumbo

98%[85]

98[86]

Bambi

91%[87]

91[88]

Saludos Amigos

79%[89]

62[90]

The Three Caballeros

83%[91]

85[92]

Make Mine Music

64%[93]

60[94]

Fun and Fancy Free

67%[95]

66[96]

Melody Time

73%[97]

69[98]

The Adventures of Ichabod and Mr. Toad

94%[99]

74[100]

Cinderella

97%[101]

85[102]

Alice in Wonderland

81%[103]

68[104]

Peter Pan

79%[105]

76[106]

Lady and the Tramp

93%[107]

78[108]

Sleeping Beauty

89%[109]

85[110]

One Hundred and One Dalmatians

98%[111]

83 (10 reviews)[112]

The Sword in the Stone

66%[113]

61[114]

The Jungle Book

88%[115]

65[116]

The Aristocats

64%[117]

66[118]

Robin Hood

55%[119]

57[120]

The Many Adventures of Winnie the Pooh

100%[121]

N/A

The Rescuers

81%[122]

74[123]

The Fox and the Hound

70%[124]

65[125]

The Black Cauldron

55%[126]

59[127]

The Great Mouse Detective

80%[128]

73[129]

Oliver & Company

50%[130]

58[131]

The Little Mermaid

93%[132]

88[133]

The Rescuers Down Under

71%[134]

70[135]

Beauty and the Beast

94%[136]

95[137]

A+

Aladdin

95%[138]

86[139]

The Lion King

93%[140]

88[141]

Pocahontas

55%[142]

58[143]

A−

The Hunchback of Notre Dame

71%[144]

74[145]

A

Hercules

84%[146]

74[147]

Mulan

86%[148]

71[149]

A+

Tarzan

89%[150]

79[151]

A

Fantasia 2000

81%[152]

59[153]

N/A

Dinosaur

64%[154]

56[155]

A

The Emperor's New Groove

86%[156]

70[157]

Atlantis: The Lost Empire

49%[158]

52[159]

Lilo & Stitch

86%[160]

73[161]

Treasure Planet

69%[162]

60[163]

A−

Brother Bear

37%[164]

48[165]

A

Home on the Range

53%[166]

50[167]

A−

Chicken Little

36%[168]

48[169]

Meet the Robinsons

67%[170]

61[171]

Bolt

89%[172]

67[173]

The Princess and the Frog

85%[174]

73[175]

A

Tangled

89%[176]

71[177]

A+

Winnie the Pooh

90%[178]

74[179]

A−

Wreck-It Ralph

87%[180]

72[181]

A

Frozen

90%[182]

74[183]

A+

Big Hero 6

90%[184]

74[185]

A

Zootopia

98%[186]

78[187]

Moana

95%[188]

81[189]

Ralph Breaks the Internet

88%[190]

71[191]

A−

Frozen II

77%[192]

64[193]

Raya and the Last Dragon

94%[194]

75[195]

A

Encanto

91%[196]

75 (41 reviews)[197]



 

***