Lady and the Tramp


(Poster Asli yang ditampilkan oleh dan dapat dibeli dari www.originalfilmart.com)

LEGACY 1

oleh NABIL BAKRI
referensi utama: Lady and the Tramp(film), dokumenter di balik layar pembuatan Lady and the Tramp (Home Video Special Anniversary Edition), Wikipedia, dan laman resmi Disney

SEMUA GAMBAR ADALAH MILIK DISNEY/ALL PICTURES BELONG TO DISNEY

Lady and the Tramp
(1955)

Setelah Peter Pan, Disney merilis Lady and the Tramp pada 22 Juni 1955. Film ini berada di urutan ke-15 dalam jajaran Seri Disney Klasik. Film ini merupakan animasi pertama yang difilmkan memalui proses CinemaScope Widescreen.

Ringkasan Cerita

(Baby Lady)

Di malam natal, Jim Dear memberikan seekor anak anjing spainel betina untuk istrinya, Darling. Mereka menamai anjing itu Lady. Lady tumbuh menjadi anjing betina dewasa yang menawan dan sangat disayangi oleh pemiliknya. Suatu hari, Darling memberinya sebuah kalung, tanda resmi yang menjadi anugerah berharga dari manusia. Tetapi, beberapa waktu kemudian, Lady merasakan adanya perbedaan drastis pada kedua pemiliknya. Jim Dear tidak lagi mengajaknya lomba lari menuju rumah, Darling tidak mau mengajaknya jalan-jalan, Jim Dear yang menyebutnya ‘anjing’ padahal mereka tidak pernah menyebutnya begitu sebelumnya, dan Darling yang memukulnya padahal belum pernah sebelumnya. Ketika Lady menceritakan kesedihannya pada Jock dan Trusy, dua ekor anjing tua sahabatnya sesama anjing kelas atas, muncullah Tramp, si anjing gelandanan yang bersembunyi di kawasan elite dari kejaran petugas penangkap anjing.

Tramp kemudian menjelaskan pada Lady bahwa itu adalah tanda akan hadirnya seorang bayi. Tramp menjelaskan bahwa bayi itu sangat berharga. Begitu si bayi muncul, maka si anjing keluar. Akan ada banyak aturan yang diterapkan saat si bayi muncul dan anjing takkan mendapat perlakuan istimewa lagi karena hati manusia tidak bisa untuk menyayangi dua hal sekaligus, dan mereka akan lebih memilih si bayi.

(Lady yang bersedih karena merasa sudah tidak disayang lagi)

Hal ini justru membuat Lady semakin sedih. Jock dan Trusty kemudian menyuruh Tramp untuk pergi. Rasa ingin tahu Lady terus berkembang sementara sikap Jim Dear dan Darling semakin aneh, hingga ketika bayi Darling lahir, Lady berniat untuk melihat ‘apa itu bayi?’. Saat itulah sikap Jim Dear dan Darling melunak dan menunjukkan bayi itu pada Lady. Lady langsung merasa gembira dan merasa harus melindungi bayi mungil itu. Maka, ketika Jim Dear dan Darling hendak pergi ke luar negeri, ia berusaha menghalangi mereka. Namun pemiliknya berhasil meyakinkan Lady bahwa bayi mereka tidak akan ditinggal sendirian melainkan akan diasuh oleh bibi Sarah untuk sementara waktu.

Bibi Sarah tidak menyukai anjing. Ia melarang Lady masuk ke kamar bayi. Bibi Sarah juga memiliki dua ekor kucing siam kesayangan. Si dan Am-lah namanya. Mereka membuat Lady kena masalah dan dihukum. Bibi Sarah membawa Lady ke sebuah toko hewan peliharaan untuk membeli sebuah tali pengikat. Si penjaga toko menawarkan sebuah tali baru yang merupakan kombinasi tali pengikat dan penutup mulut. Si penjaga toko memasangkannya pada Lady. Lady yang tidak menyukainya lantas berontak dan berlari untuk melarikan diri.

Lady ketakutan. Ia dikejar oleh beberapa ekor anjing gelandangan yang tampak galak. Tapi tiba-tiba, Tramp muncul untuk menyelamatkannya. Tramp kemudian mengajak Lady menuju kebun binatang di mana mereka bertemu dengan seekor berang-berang yang tengah sibuk berusaha memindahkan sebuah batang pohon yang besar untuk menutup kebocoran di bendungannya. Tramp berhasil meyakinkan si berang-berang bahwa tali pengikat Lady sebenarnya adalah tali penarik kayu untuk memudahkannya memindahkan batang pohon besar itu. Maka, dengan sekali gigit, berang-berang itu memutus tali yang mengikat Lady.


Malam harinya, Tramp mengajak Lady makan spaghetti di rumah makan Tony, pria gemuk yang merasa dirinya bisa bicara dengan anjing. Tony menyarankan Tramp untuk menjatuhkan pilihan pada Lady sebagai pasangan hidup. Ia memberikan spaghetti lezat extra baso untuk Lady dan Tramp, diiringi lagu Bella Note yang indah.

Walaupun Lady senang bersama Tramp, ia menolak ajakan Tramp untuk bertualang. Ia memutuskan untuk pulang guna menjaga agar bayi Darling tetap aman. Dalam perjalanan pulang inilah Lady ditangkap oleh petugas penangkap anjing yang memasukkannya ke dalam penampungan anjing sementara Tramp berhasil melarika diri.

Di penampungan, ia bertemu dengan teman-teman Tramp yang memberitahunya tentang kelemahan utama Tramp yakni anjing betina. Tramp adalah anjing gelandangan yang paling populer dan terkenal playboy. Ia menjadi pujaan anjing-anjing betina.

Lady dibebaskan karena ia memiliki kalung anjing. Tramp kemudian datang mengunjunginya. Akan tetapi Lady menolak berhubungan lagi dengannya. Sampai beberapa saat kemudian, seekor tikus berukuran cukup besar, menyusup masuk ke dalam rumah. Tramp yang mendengar gonggongan Lady, menghampiri Lady dan masuk ke dalam rumah guna menyingkirkan tikus itu. Begitu ia berhasil membunuh tikus tersebut, bibi Sarah justru mengurungnya di dalam lemari dan memanggil petugas penampungan anjing. Tak lama, setelah petugas penampungan membawa Tramp, Jim Dear dan Darling tiba dan sangat khawatir dengan kondisi bayinya. Ketika itulah Lady menggonggong untuk memberi tahu Jim dan Darling bahwa sebenarnya Tramp hanya berniat membantu. Mengetahui hal ini, Jim langsung menyusul kereta kuda yang membawa Tramp. Jock dan Trusty yang merasa salah paham mengira Tramp hendak mencelakai si bayi, berniat membantu dengan berusaha menghentikan kereta kuda yang membawa Tramp.

Jim Dear dan Darling mau menerima Tramp di keluarga mereka. Tramp kini memiliki sebuah keluarga sungguhan dan memiliki empat ekor anak bersama Lady.

Pengisi Suara

(Barbara Luddy/furff.com)

1. Barbara Luddy sebagai Lady: Seekor anjing cocker spainel betina milik Jim Dear dan Darling, pasangan suami istri kaya yang sangat menyayanginya. Lady sangat setia dan menyayangi majikannya. Ia mengisi hidup majikannya selama mereka mendambakan kehadiran seorang anak. Setiap pagy, Lady membangunkan majikannya, mengusir tikus yang hendak menyusup masuk, dan membawakan koran pada Jim Dear. Lady kemudian menjadi pasangan Tramp dan memiliki empat ekor anak.


2. Larry Roberts sebaga Tramp (Anjing Gelandangan): Seekor anjing mutt yang tengil dan bebas. Ia hidup menggelandang dan tidak memiliki rumah maupun majikan yang pasti. Ia memiliki keluarga yan berbeda setiap harinya, dan bukan benar-benar keluarga/majikannya. Ia merupakan buronan nomor satu bagi petugas penangkap anjing yang tidak berizin. Tramp dikenal sebagai anjing jalanan yang paling tangkas dan dikagumi. Ia selalu berhasil melarikan diri dari petugas penampungan anjing. Ia juga termasuk anjing yang ‘playboy’ dan diidolakan oleh banyak anjing betina, yang diklaim menjadi kelemahan Tramp yang paling fatal. Ia kemudian menemukan arti penting sebuah keluarga dan menjadi bagian keluarga Jim Dear dan Darling.


3. Verna Felton sebagai Bibi Sarah: Pengisi suara gajah betina dalam Dumbo, peri dalam Cinderella, ratu dalam Alice in Wonderland (nantinya juga sebagai peri Flora dalam Sleeping Beauty), kembali menghiasi dunia animasi Disney. Kali ini, ia menyuarakan Bibi Sarah. Ia diminta Jim Dear dan Darling untuk menjaga putra mereka yang masih bayi sementara mereka pergi ke luar negeri. Ia sangat tidak menyukai anjing dan selalu berprasangka buruk pada Lady. Ia memiliki dua ekor kucing siam bernama Si dan Am yang mencari gara-gara dengan Lady, tetapi ia malah menyalahkan Lady dan memawanya ke toko hewan peliharaan guna mencarikannya sebuah tali pengikat yang kuat.

(Jock (abu-abu) dan Trusty (cokelat))

4. Bill Baucom sebagai Trusty: Seekor anjing pelacak tua sahabat Lady. Ia selalu menghubungkan segala sesuatu dengan kata-kata kakeknya, walau sebenarnya ia sudah pernah bercerita tentang kakeknya itu berkali-kali sampai ia sendiri lupa akan kisahnya. Ia kehilangan indra penciumannya, tetapi kemudian pulih ketika ia melacak kereta kuda yang membawa Tramp.

5. Bill Thompson sebagai Jock: Anjing tua yang juga sahabat Lady. Ia sangat suka mengumpulkan tulang dan ingin menyembunyikannya bahkan dari teman-teman terdekatnya. Thompson juga menyuarakan Polisi yang berjaga di depan kebun binatang. Ia juga menyuarakan bulldog di penampungan. Ia juga mengisi suara Joe, juru masak di restoran Tony, dan Dacshie.

(Tony)

6. George Givot sebagai Tony: Pemilik restoran Tony yang bertubuh gemuk. Ia menyukai Tramp dan selalu menyediakan makanan untuk Tramp dan siapapun pasangan yang ia ajak makan di sana. Namun ketika Tramp membawa Lady, ia menghidangkan menuspesial dan meminta Tramp untuk memilih Lady saja. Tony merasa dirinya mampu berbicara dengan anjing.

(Peggy Lee)

7. Peggy Lee sebagai Darling sekaligus Si, Am, dan Peg: Darling adalah istri dari Jim Dear. Ia sangat menyayangi Lady, menganggapnya seperti anak sendiri. Si dan Am adalah dua ekor kucing siam peliharaan bibi Sarah, dua ekor kucing licik yang menyebabkan Lady dihukum oleh bibi Sarah. Peg adalah mantan anjing pertunjukan. Ia adalah seekor anjing betina yang pandai bernyanyi. Ia mengidolakan Tramp. Lady bertemu dengannya di dalam penampungan anjing.

8. Lee Millar sebagai Jim Dear dan Petugas Penampungan Anjing: Jim Dear adalah suami dari Darling. Dia menghadiahi istrinya seekor anjing cocker spainel betina (Lady). Petugas penampungan anjing bertugas menangkap anjing-anjing gelandangan yang tidak mempunyai izin.

9. Stan Freberg sebagai Berang-Berang: Seekor berang-berang yang selalu sibuk menambal bendungannya. Setiap ia mengucapkan huruf ‘S’. Ia selalu menimbulkan suara seperti peluit. Ia dimintai pertolongan oleh Tramp untuk melepaskan ikatan pada Lady dengan giginya. Tramp mengatakan bahwa tali pengikat itu adalah alat untuk mempermudah mengangkut batang pohon. Tanpa pikir panjang, berang-berang langsung setuju ntuk melepaskan ikatan Lady.


Produksi

Joe Grant membawakan ide yang terinspirasi dari ajing jenis English Springer Spainel miliknya, yang merasa tergeser setelah anak Joe lahir. Ide yang ia bawa pada Walt pada 1937 itu ia tunjukkan pada Walt beserta sketsa Lady, anjing spainel betina milik Joe. Disney menyukai sketsa Joe dan memintanya untuk mulai mengembangkan cerita untuk film berjudul Lady. Selama akhir 1930-an hingga awal 1940-an, Joe dan seniman lainnya mengerjakan cerita itu. Mereka mengambil beragam kemungkinan cerita, tetapi Disney belum merasa terkesan pada satu pun ide cerita tersebut. Ia merasa karakter Lady ini terlalu manis dan tidak ada aksi yang cukup.

Sebuah cerita pendek karya Ward Greene, yang dimuat dalam Cosmopolitan Magazine, ‘Happy Dan, The Whistling Dog’, dibaca oleh Walt Disney di awal 1940-an. Ia merasa cerita Joe mengenai anjing spainel bernama Lady akan berkembang jika Lady jatuh cinta dengan seekor anjing yang sinis, seperti yang ada pada cerita karya Ward Greene. Ia pun membeli hak untuk cerita tersebut. Sebelum nama Tramp muncul, ada beragam nama yang dipertimbangkan, seperti Rags, Bozo, dan Homer.


Film akhirnya cukup berbeda dari rencana awalnya. Pada awalnya, Lady hanya memiliki satu tetangga yakni Hubert, yang kemudian diganti dengan Trusty dan Jock. Bibi Sarah adalah ibu mertua yang suka mengatur, tetapi di akhir film ia melunak, terbukti dengan paket biskuit anjing yang ia kirimkan pada keluarga Darling saat Natal. Si dan Am, kucing siam peliharaan bibi Sarah, awalnya bernama Nip dan Tuck. Perubahan lainnya adalah mengenai nama majikan Lady. Nama mereka seharusnya Jim Brown dan Elizabeth. Namun, kisahnya diambil dari sudut pandang Lady. Jim selalu memanggil Elizabeth dengan Darling sedangkan Elizabeth selalu memanggil suaminya Jim Dear. Maka, Lady menganggap itulah nama asli mereka. Jim Dear dan Darling ditampilkan seperti halnya dalam animasi Tom and Jerry, di mana sang pemilik lebih sering ditampilkan setengah badan saja dan jarang diperlihatkan wajahnya (biasanya tertutup koran, seperti Jim Dear yang beberapa kali diperlihatkan sedang membaca koran sehingga wajahnya tak terlihat). Untuk meningkatkan segi dramatis filmnya, karakter tikus yang awalnya dibuat sedikit lucu, diubah menjadi lebih menakutkan.

Ada sebuah adegan yang dihapus, tepatnya setelah Trusty mengatakan, “Semua orang tahu bahwa sahabat anjing adalah manusia.” Setelanya, Tramp menggambarkan sebuah dunia di mana peran manusia dan anjing tertukar, di mana anjing adalah majikan daripada manusia dan sebaliknya. Rencananya ada cinta segi tiga antara Lady, Tramp, dan Boris. Juni 1943, para seniman tidak dapat melanjutkan kisah ini, dikarenakan studio lebih banyak membuat film propaganda untuk Perang Dunia II. Maka, pengembangan cerita baru dilanjutkan setelah perang usai.

(Kiri ke Kanan: Marc Davis, Andres Deja, dan Joe Grant)

Pada 1949, Joe Grant meninggalkan studio. Walau demikian, ceritanya terus dikembangkan. Cerita yang kuat mulai terbentuk pada 1953, berdasarkan ide Joe Grant dan cerita pendek Greene. Grant tidak menerima kredit atas ide cerita yang ia kemukakan.

Sebagaimana yang telah mereka lakukan dalam pembuatan Bambi (mempelajari rusa asli), para animator mempelajari banyak anjing dari berbagai ras untuk benar-benar memahami gerakannya. Salah satu kisah menarik adalah, walaupun adegan di mana Lady dan Tram menyantap spaghetti dianggap sebagai salah satu adegan paling romantis, Walt Disney pernah bersiap untuk memotongnya dari film karena ia anggap tidak masuk akal dan tidak romantis. Akan tetapi, Frank Thomas, animator Disney, tidak menyetujui rencana Walt. Ia kemudian membuat Walt terkesan karena mampu membuat adegan itu terlihat romantis. Maka adegan itu tidak jadi dipotong.

Mary Blair seharusnya menjadi seniman untuk latar film ini, namun ia meninggalkan studio untuk menjadi ilustrator buku anak-anak pada 1953 walaupun sebelumnya ia sudah membuat beberapa sketsa untuk film Lady and the Tramp. Kemudian, Claude Coats diminta untuk menggarap latar untuk Lady and the Tramp.


Lady and the Tramp rencananya akan difilmkan dengan ukuran layar yang biasanya dipakai, tetapi karena mulai munculnya ketertarikan para penikmat film akan layar lebar, Disney memutuskan untuk memfilmkan Lady and the Tramp dalam CinemaScope, dengan layar yang lebih lebar, dan menjadikannya animasi pertama yang ditampilkan dalam CinemaScope. Teknologi baru ini, selain menyajikan gambar yang lebih lebar dan realisme yang lebih jelas terlihat, ada kesulitan-kesulitan tersendiri di baliknya. Salah satu kesulitannya adalah betapa sulitnya membuat karakter mendominasi layar maupun saat adegan closeup. Walaupun terdapat banyak kendala dalam menerapkan inovasi baru dalam Lady and the Tramp, kusilitan lain muncul ketika tanggal rilis semakin dekat. Hal ini dikarenakan tidak semua bioskop siap dan mampu untuk menayangkan film CinemaScope. Oleh karena itu, film ini dirilis dalam dua versi, yakni versi layar lebar CinemaScope dan versi dengan layar biasa.

Rilis



Lady and the Tramp dirilis pada 22 Juni 1955, menjadikannya film yang sukses, menghasilkan sekitar $7.5 juta. Film ini pernah dirilis ulang di bioskop pada 1962, 1971, 1980, dan 1986. Walaupun mendapat kesuksesan besar dalam tangga box office, film ini juga banyak mendapat kritik negatif. Namun, film ini kini dianggap sebagai maha karya klasik. Adegan di mana Lady dan Tramp memakan spaghetti bersama, dianggap sebagai salah satu adegan paling populer dalam sejarah perfilman Amerika.

VHS dan Laserdisc Lady and the Tramp dirilis pada 1987 dan 1998. Film ini dirilis dalam DVD pada 23 November 1999. Edisi restorasi ditampilkan pada 28 Februati 2006 dalam format DVD. Film ini juga dirilis dalam Diamond Edition dalam format Blu-Ray dan DVD pada 2012, tanggal 7 Februari untuk Blu-Ray sedangkan DVDnya rilis pada 20 Maret.

***
teks yang baru saja Anda baca diambil dari:




Pastikan kamu tidak ketinggalan artikel-artikel lain seputar flm-film Disney di blog ini! Cek Label LEGACY untuk kategori film-film Disney yang diambil dari LEGACY 1 karya Nabil Bakri😊