Mengapa Cuplikan Film Disebut “Trailer” dan Apa Bedanya Dengan “Teaser”? (Why Do We Call Fim Previews as Trailers and What About “Teaser”?)
(C)2007/Paramount Pictures/Transformers/all rights reserved. |
Mengapa Cuplikan Film Disebut “Trailer” dan Apa Bedanya
Dengan “Teaser”? (Why Do We Call Fim Previews as Trailers and What About
“Teaser”?)
Oleh Rangga Adhyatama
Kurator di Youtube (2019-sekarang)
Setiap
kita datang ke bioskop, biasanya sebelum film dimulai akan muncul beberapa
Cuplikan atau iklan film-film baru yang akan segera tayang. Cuplikan-cuplikan
ini seringkali kita sebut sebagai Trailers. Di era media sosial, pihak studio
film dan distributor tidak lagi hanya menayangkan cuplikan-cuplikan ini di
bioskop, tetapi juga di berbagai platform media sosial dan video-sharing
seperti YouTube, Instagram, dan Facebook. Lantas, beberapa orang
bertanya-tanya, “Mengapa iklan film yang sering kita lihat itu disebut sebagai
Trailer?” Untuk menjawab pertanyaan ini, kita perlu kembali ke masa lalu ketika
industri perfilman masih “muda”. Hal ini dikarenakan penggunaan istilah Trailer
berkaitan erat dengan teknologi dan proses presentasi sebuah film di masa lalu.
(C)2007&2012/DisneyPIXAR/Pixar Short Films Collection I&II/all rights reserved.
Berbeda
dengan sekarang, dahulu cuplikan iklan film tidak ditayangkan sebelum film
dimulai tetapi sesudah film selesai. Dengan kata lain, cuplikan iklan film
ditayangkan pada bagian akhir film—iklan itu akan "trailing a movie" alias "mengekor sebuah film"—jadilah istilah Trailer digunakan ibarat
kompartemen/trailer yang ditarik di belakang sebuah truk atau sebuah ekor (di
zaman dulu ditarik oleh kuda seperti sebuah Karavan). Apabila kita mau pindahan
namun tidak memiliki truk pick-up, misalnya, kita bisa menyewa sebuah
kompartemen yang dikaitkan ke bagian belakang mobil kita. Kompartemen ini
disebut Trailer. Praktik menayangkan iklan di bagian akhir film ini sudah
dimulai sejak 1912 tetapi tidak berlangsung lama. Karena penonton biasanya
langsung meninggalkan gedung bioskop setelah film usai, maka iklan dipindah di
bagian awal film. Namun, penggunaan istilah Trailer masih tetap dipakai bahkan
sampai sekarang. Apabila kita amati, sebenarnya skema trailer zaman sekarang yang
muncul di awal film umum juga disebut sebagai "Previews"—Pre=sebelum,
View=tonton. Apabila kedua istilah ini dibandingkan, sebenarnya istilah Previews
lebih merepresentasikan skema dan pengalaman menonton cuplikan iklan ketimbang
Trailer.
Lebih lanjut lagi, beberapa Trailer sering juga disebut sebagai Sneak Peek yang berarti "mengintip". Dalam beberapa paket DVD, Sneak Peek berarti Trailer yang lebih mendalam karena "mengintip" juga berarti melihat sekilas proses pembuatannya bahkan menampilkan wawancara sutradara dan aktor. Namun sekarang, istilah Sneak Peek seringkali dianggap sama saja dengan Trailer. Dalam DVD Ice Age Extreme Cool Edition yang dirilis tahun 2004, terdapat Sneak Peek film Robots yang baru akan tayang tahun 2005. Tak tanggung-tanggung, Sneak Peek itu berdurasi 6 menit 48 detik dan tidak hanya menampilkan cuplikan filmnya tetapi juga proses pembuatan filmnya. Di era media sosial, pihak studio maupun yang terlibat dalam proses pembuatan film bisa melakukan update mengenai film baru mereka yang belum tayang agar penonton terus ingat (membangun antusiasme) bahwa tidak lama lagi akan rilis film baru yang mereka buat. Maka, Sneak Peek adalah cara terbaik membangun antusiasme sebelum era media sosial karena pihak studio dan pembuat filmnya bisa “berinteraksi” dengan penonton melalui Sneak Peek.
Seiring
berjalannya wakru, istilah Sneak Peek yang dulunya digunakan untuk membangun
antusiasme penonton juga semakin luas maknanya dan dapat digunakan untuk
menyebut cuplikan iklan film sehingga artinya sama saja dengan Trailer. Hal ini
bisa ditemukan dalam paket DVD yang lebih baru seperti dalam DVD Snow White and the Seven Dwarfs edisi
mutakhir/restorasi Diamond Edition
yang dirilis tahun 2009. Dalam DVD
tersebut, terdapat Sneak Peek yang membahas mengenai film baru The Princess and the Frog dengan struktur
penyampaian yang sama dengan Sneak Peek Robots.
Namun, DVD ini juga menampilkan berbagai cuplikan iklan film dan
cuplikan-cuplikan tersebut juga disebut sebagai Sneak Peek. Nah, dari
pembahasan ini kita dapat menyimpulkan bahwa istilah Trailer merupakan istilah
deskriptif mengenai cara penyajian iklan yang berada di akhir film. Seiring
perkembangan industri perfilman, istilah Trailer sudah tidak lagi
mendeskripsikan format presentasi iklan yang dipindah di awal film dan istilah
yang lebih tepat adalah Previews. Namun, istilah Trailer sudah terlanjur
populer dan diketahui serta digunakan oleh masyarakat luas. Maka, tidak heran
jika istilah ini masih dipakai sampai sekarang—bahkan lebih populer daripada
istilah Previews dan Sneak Peek.
Lalu,
bagaimana dengan istilah “Teaser”? Apa bedanya Teaser dengan Trailer? Untuk
memudahkan penjelasannya, saya menggunakan tabel penjelasan dari http://www.differencebetween.info/. Pada dasarnya, Teaser juga
merupakan iklan untuk sebuah film baru. Namun, Teaser memiliki durasi yang jauh
lebih singkat daripada Trailer. Hal ini bisa ditelusuri dari asal kata istilah
Teaser sendiri yang diambil dari kata “Tease” yang artinya “Menggoda”. Dengan
kata lain, Teaser adalah cuplikan iklan film yang dibuat sesingkat mungkin agar
penonton semakin penasaran dengan filmnya dan tidak sabar menunggu filmnya
dirilis.
|
Teaser |
Trailer |
Duration [Durasi] |
Less than a minute [Kurang
dari satu menit] |
Approximately 1-3 minutes [Antara
satu sampai tiga menit] |
Plotline [Alur cerita] |
Shows no details regarding plotline [Detil alur cerita tidak ditampilkan] |
Gives the audience a brief idea about the plotline [Memberikan sedikit penjelasan mengenai
alur ceritanya] |
Details [Detil] |
Shows no details about the film, just tries to excite the
audience about the film [Tidak ada
detil yang ditampilkan, hanya potongan-potongan untuk membuat penonton
penasaran] |
Basic plotline is given including details such as the director,
cinematographer, assistant director, studio in which the film was shot, etc.
[Detil alur cerita disampaikan, begitu
juga penjelasan umum seperti siapa sutradara dan studio yang merilisnya] |
Created [Kapan
ditayangkan?] |
Before the post production of the movie. It can also be made
during the filming of the film [Sebelum
filmnya selesai dibuat, mendekati tahap akhir atau bahkan selama tahap
pengambilan gambar] |
After the filming and editing of the movie is done [Ditampilkan setelah film selesai dibuat dan
siap ditayangkan menunggu jadwalnya] |
Purpose [Tujuan] |
To tell the people that this movie is coming out [Sebatas menyampaikan bahwa film ini sedang
diproses dan akan dirilis] |
To tell the people details about the movie such as cast,
plotline, music, etc. [untuk
menyampaikan bahwa film telah selesai dibuat sehingga detilnya sudah bisa
disampaikan dan akan segera dirilis sesuai jadwalnya] |
Nah, itu tadi penjelasan mengapa cuplikan iklan film disebut Trailer serta apa yang membedakannya
dari istilah-istilah lain di bidang periklanan atau marketing film. Semoga
bermanfaat.
***
Pertanyaan diajukan di Quora
Rangga Adhyatama Nabil
Bakri