10 Mobil Paling Iconic dalam Film


Oleh Nabil Bakri

(Gambar milik Universal Pictures/AMBLIN)

Dalam sebuah film, terkadang ada properti yang justru menjadi fenomenal dan terus diingat oleh penontonnya. Salah satu jenis properti itu adalah mobil. Kendaraan ini bisa jadi memorable karena dipakai di adegan yang seru atau dimiliki oleh karakter yang disukai penonton. Berikut penulis menyampaikan 10 mobil paling ikonik dalam film. Kriterianya adalah mobil-mobil ini harus merupakan property nyata, bukan karakter murni, berarti mobil tersebut harus ada padanannya di dunia nyata. Jadi, mobil yang merupakan karakter seperti Lightning McQueen, Batmobil dan mobil Krabby Patty tidak masuk daftar karena tidak ada padanannya di dunia nyata.

10. Chevrolet/Opel Blazer dari banyak film Hollywood 1995-2010


Mobil ini populer bukan semata-mata karena masuk di film yang fenomenal, melainkan karena banyak sekali orang di dunia nyata yang mempunyai mobil ini karena dijual secara umum dan modelnya tersebar luas di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri jumlah Chevrolet Blazer 90-an ini banyak ditemui bahkan hingga 2020 masih banyak yang berkeliaran di jalan. Mobil ini sering muncul dalam film Hollywood karena mobil ini bisa dibilang merupakan “mobil dinas” banyak perkantoran baik milik pemerintah maupun swasta di Amerika, sama halnya dengan Range Rover yang dipakai di Inggris. Mulai dari film 90-an, film 2000an seperti seri Resident Evil, hingga 2010an seperti film Yogi Bear dan Furry Vengeance, mobil dengan desain Chevy Blazer masih sering muncul di film (meskipun spesifikasinya mungkin berbeda).

9. Chevrolet Camaro Bumblebee dari film Transformers (2007)


Kemunculan Bumblebee yang baru cukup menghebohkan karena selain tidak lagi memakai VW Kodok, Bumblebee muncul di tahun 2007 bukan lagi sebagai sebuah compact car melainkan sebagai mobil sport yang seksi keluaran Chevrolet (masuk category Pony Car yakni mobil kekar/muscle car yang didesain lebih kompak dan dijual dengan rentang harga yang lebih “merakyat”). Apalagi, kala itu mobil Camaro Bumblebee hanya ada 1 di dunia yaitu yang dipakai untuk properti filmnya. Baru setelah film Transformers sukses, Chevrolet memproduksi Camaro secara massal. Warnanya yang kuning menyala dan perkenalannya yang memorable setelah Bumblebee “dihina” oleh Megan Fox, menjadikan kemunculan Camaro Bumblebee menjadi sangat iconoc.

8. Lincoln Limousine dari banyak film Hollywood


Memang tidak semua menggunakan limousine dengan spesifikasi yang sama (bahkan bisa jadi berbeda merk), tapi tampilan limousine 90an dari Lincoln seringkali muncul dalam film. Mulai dari limo yang sering dipakai di acara Prom kelulusan, hingga mobil milik Julie Andrews di film The Princess Diaries (2001) dan mobil yang dikendarai John Cusack menghindari gempa berpotensi kiamat di film 2012.

7. British Leyland Mini 1000 dari serial Mr. Bean (1990-1995)


Siapa yang tidak kenal dengan Mr. Bean? Rasanya bahkan generasi sekarang pun tak asing lagi dengan Mr. Bean karena selain serial komedinya memang sangat populer, animasinya pun diproduksi setelah serialnya tamat. Kalau tahu Mr. Bean pastinya juga tahu mobil hijau kecil kesayangan Mr. Bean. Yak, mobil yang anti maling berkat setirnya yang bisa dicopot ini adalah sebuah British Leyland Mini 1000. Mobil ini sangat iconic karena Mr. Bean melakukan berbagai kelucuan bersama mobil ini. Salah satunya yang paling iconic adalah saat Mr. Bean membeli sofa baru dan mengemudikan mobilnya dengan tongkat pengepel lantai. Selai itu, mobil ini memiliki musuh bebuyutan yakni mobil roda tiga jenis Reliant Robin berwarna biru.

6. Dodge Charger Dominic Toretto dari film Fast and Furious (2001)


Di tahun 2001 dunia perfilman dan kaum ricer dan/atau anak modifikasi pada umumnya digegerkan dengan film yang fenomenal mengenai aksi kejar-kejaran mobil, kejahatan gangster, dan balapan liar. Sudah tentu ada banyak mobil iconic yang diperkenalkan di film ini dan di seri lanjutannya. Sebut saja Nissan Skyline GTR dan Toyota Supra milik Paul Walker. Hanya saja, dari kesemua mobil baik lawas maupun baru, ada satu mobil yang tak lekang seiring bertambahnya jumlah seri film Fast and Furious yakni Dodge Charger fenomenal milik tokoh yang tak kalah fenomenalnya yakni Dominic Toretto. Tak hanya karena performanya yang luar biasa, mobil ini menjadi iconic karena mempunyai koneksi khusus dengan kisah hidup Dominic Toretto.

5. Cadillac Miller-Meteor Futura Duplex sebagai Ectomobile dari film Ghostbusters (1984)


Seringkali orang Indonesia membandingkan mobil pembasmi hantu di Ghostbusters dengan Mazda Vantrend karena bentuk dasarnya sangat mirip. Namun, mobil yang ditakuti para hantu itu sebetulnya adalah mobil ambulance atau mobil jenazah lansiran tahun 1950an.

4. Volkswagen Beetle (VW Kodok) dari serial Transformers (1984-1987) dan film Herbie Fully Loaded (2005)


Generasi sekarang mungkin mengenal Bumblebee sebagai sebuah Chevrolet Camaro, tetapi pada awalnya Bumblebee adalah sebuah VW Beetle. Bahkan di film Transformers 2007, jika diamati, Bumblebee Camaro menghantam VW Beetle untuk menyingkir, menandakan munculnya generasi baru Bumblebee. Walau disingkirkan, mobil yang di Indonesia dikenal sebagai Kodok ini masih sangat populer. Selain karena banyak dipakai di berbagai judul film, VW ini juga salah satu model mobil yang diproduski paling lama yakni dari 1938 dan baru berhenti produksi dan ganti model di tahun 2003.

3. Ford Econoline Mystery Machine dari serial Scooby Doo


Tidak lengkap rasanya kalau tim pemecah misteri Scooby Doo dan kawan-kawan muncul tanpa mobil hijau kebanggan mereka yakni The Mystery Machine. Mobil yang bernuansa 70 an ini selalu menemani Scooby, Shaggy, Fred, Velma, dan Daphnie memecahkan misteri dan bisa dibilang sangat berjasa bagi grup detektif ini. Selain muat banyak dan ditampilkan sebagai mobil yang bandel di segala medan, mobil ini juga bisa menjadi kamar tidur sekaligus dapur bagi Scooby dan Shaggy, menjadikan mobil ini semakin dikenang. Sebetulnya, mobil ini memiliki padanan yakni Ford Ecoline yang memang cukup populer di era 70an mengekor konsep VW Combi yang dulu banyak dipakai remaja anti kekerasan di Amerika.

2. Ford Explorer dari film Jurassic Park (1993)


Bagaimana bisa penonton melupakan adegan menegangkan di film fenomenal Jurassic Park saat Tyrannosaurus menjebol kandang listrik dan berhasil keluar dengan bebas. Adegan yang menggabungkan robot rumit alias animatronic dengan animasi computer (CGI) ini dulu merupakan gebrakan luar biasa di dunia perfilman dan masih diakui kehebatannya hingga sekarang. Tapi adegan itu tak lepas dari mobil iconic dua buah Ford Explorer yang dicat dan ditempeli stiker Jurassic Park. Selain mobilnya dikenang berkat film Jurassic Park, bentuk Ford Explorer yang memang tergolong gagah dan timeless membuat pesona mobil ini tak lekang oleh waktu. Penulis asli novel Jurassic Park sebetulnya mengingkan Land Cruiser sebagaimana ia tulis di novelnya, tapi pada akhirnya Ford Explorer yang terpilih untuk masuk ke layar lebar.

1. DeLorean dari film Back to The Future (1985)


Di akhir 2019 hingga 2020 publik kembali diingatkan dengan nama familiar “DeLorean” berkat Elon Musk yang meluncurkan konsep pick-up CyberTruck yang dianggap retro dan mirip mobil DeLorean. DeLorean sendiri tentu sudah sangat populer berkat film Back to the Future, buat apa lagi kalau bukan buat dijadikan mesin waktu oleh ilmuwan nyentrik Dr. Brown. Mobil yang desainnya terbilang futuristik di zamannya dan terkesan mengikuti gaya fiksi ilmiah ini sebenarnya tidak begitu baik dari segi performa, kepraktisan dan perawatan. Maka, mobilnya sendiri tidak begitu laku dan produksinya dihentikan. Hanya saja, berkat kepopuleran film Back to the Future, banyak kalangan masa kini ingin memiliki DeLorean. Alhasil, pabriknya meneruskan membuat DeLorean dari sisa bahan yang dulu mangkrak (ya, saking tidak lakunya sampai-sampai bahan atau onderdil lawas masih sisa banyak). Mobil ini masih bisa dibeli dengan kondisi baru.

Nah, itu tadi 10 mobil paling iconic dalam film. Mobil apa yang menurut Anda paling iconic?