10 Dunia Fantasi Paling Populer dalam Film


Oleh Nabil Bakri

Picture©Warner Bros./2004

Dari sekian banyak genre film, tampaknya genre fantasi masih sangat digemari walaupun genre ini pada dasarnya sudah ada sejak zaman sebelum adanya tulisan. Kalau ditelusuri, tentu saja kisah fantasi dan petualangan beraura mistis akan mundur ke ribuan tahun lalu lewat karya seperti Beowulf dan berbagai macam legenda yang ada di seluruh belahan dunia. Walau sekarang kita memiliki genre fiksi ilmiah yang semakin disukai apalagi jika digabungkan dengan aksi superhero, kisah fantasi masih berhasil menydot perhatian publik. Bahkan, tak sedikit film fiksi ilmiah superhero yang menggunakan unsur fantasi untuk memperluas cakupan narasi dan membuat jalan cerita semakin seru untuk disimak. Nah, dari begitu banyaknya dunia fantasi yang diciptakan, tentu ada beberapa yang betul-betul fenomenal dan luar biasa sehingga pengembangan cerita di dunia fantasinya bisa terasa begitu nyata. Tak sedikit dunia atau setting fantasi yang dikembangkan sedemikian rupa hingga membentuk susunan peta yang sistematis lengkap dengan penjelasan teritorial dan apa saja yang bisa ditemukan di bagian tertentu di dalam peta. Dunia fantasi ini bisa dikembangan sedemikian rupa hingga benar-benar terasa nyata dan sekompleks dunia nyata. Untuk memberikan apresiasi pada kisah-kisah fantasi yang begitu fenomenal, penulis menuliskan 10 dunia fantasi paling populer yang pernah diangkat ke layar lebar. Dari kesepuluh dunia ini, seringkali penikmat film atau orang pada umumnya bisa langsung menebak sumber ceritanya atau paling tidak mengetahui atau pernah dengar mengenai dunia-dunia tersebut.

10. Negeri Lilliput (Gulliver’s Travels)

Dalam cerita Gulliver’s Travels, dikisahkan bahwa seorang pria bernama Gulliver terdampar di sebuah pulau bernama Lilliput yang di dalamnya berisi manusia-manusia berukuran kecil layaknya action figure. Cerita ini sangat populer, bahkan di tahun 2010 sebuah film kembali dirilis tentang perjalanan Gulliver yang diperankan oleh actor Jack Black (pemain film King Kong, pengisi suara Po dalam Kungfu Panda). Banyak sekali cerita yang tidak berkaitan dengan Gulliver namun menggunakan nama Negeri Lilliput untuk mendeskripsikan sebuah negeri fantasi berisikan orang-orang berukuran kecil. Walau kisahnya sudah banyak difilmkan, cerita Gulliver sebenarnya berasal dari buku karangan Jonathan Swift yang diterbitkan pertama kali pada 28 Oktober 1726.

9. Jumanji (Jumanji, Zathura, Jumanji: Welcome to the Jungle, and Jumanji: The Next Level)

Dunia fantasi yang satu ini menarik karena berasal dari sebuah permainan game. Jika dilihat sekilas, mungkin kita akan menyandingkan dunia Jumanji dengan film fiksi ilmiah terutama karena dalam Zathura tokohnya terombang-ambing di luar angkasa dan di Jumanji: Welcome to The Jungle tokohnya tersedot masuk ke dalam video games. Tetapi, game di Jumanji bukanlah hasil ciptaan ilmuwan layaknya dalam cerita Ready Player One, melainkan sebuah dunia fantasi yang tidak bisa dijelaskan secara nalar. Kesan fantasi paling terasa kental di film pertamanya yang dirilis pada 1995 yang masih menggunakan papan permainan kuno. Permainan ini bisa menyedot pemainnya ke dalam dunia Jumanji dan bisa juga mengeluarkan karakter dari dunia Jumanji ke dunia manusia. Kisah Jumanji sendiri sejatinya berasal dari sebuah cerita bergambar karya Chris Van Allsburg yang diterbitkan pertama kali pada 1981.

8. Camelot (First Knight, Quest for Camelot, Merlin TV Series, and many more)

Siapa yang tidak tahu kisah Raja Arthur dan Ksatria Meja Bundar? Cerita tentang seorang raja bijaksana yang berhasil mencabut pedang sakti Excalibur dari dalam batu ini sudah berkali-kali dituliskan dalam sastra dan difilmkan. Sebut saja kisah Arthur kecil dan penyihir Merlin di film Disney The Sword in the Stone, kisah Merlin dan penyihir jahat Morgana di era modern dalam film The Kid Who Would be King yang dirilis tahun 2019. Bahkan, banyak karakteristik penyihir populer seperti Gandalf dan Dumbledore bisa dibilang mirip dengan penyihir Merlin dari cerita Raja Arthur di Camelot. Saking populer dan melegendanya kisah huru-hara di Camelot, banyak orang yang meyakini bahwa dunia fantasi Camelot adalah dunia sungguhan. Meski demikian, tidak ditemukan adanya jejak mengenai keberadaan sebuah kawasan kerajaan bernama Camelot, hanya ditemukan beberapa lokasi yang mirip dengan deskripsi cerita Camelot. Negeri Camelot pertama kali disebut dalam sebuah pusi tahun 1170an berjudul Lancelot, the Knight of the Cart karya penulis Perancis, Chrétien de Troyes.

7. Atlantis (Atlantis the Lost Empire, Spongebob Squarepants, Aquaman, and many more)

Tampaknya selain legenda tentang negeri emas murni El Dorado, legenda Atlantis bahkan menyedot lebih banyak perhatian karena orang percaya betul bahwa Atlantis adalah kota sungguhan yang ditelan samudera. Mungkin salah satu alasan kenapa orang percaya betul dengan keberadaan Atlantis adalah karena kisah ini diceritakan dan dipopulerkan oleh pemikir dan filsuf kondang yakni Plato dalam dua karyanya Timaeus dan Critias. Beberapa pihak menganggap bahwa Atlantis ditulis berdasarkan kejadian nyata, sedangkan pihak lain mengatakan bahwa cerita Atlantis digunakan oleh Plato sebagai sebuah peringatan akan kemampuan manusia. Alih-alih menggunakan argumen yang berat dan sukar dipahami, Plato menyampaikan gagasannya melalui kisah tenggelamnya negeri Atlantis. Terlepas dari perdebatan mengenai keberadaan Atlantis, cerita mengenai negeri ini sudah terlanjur populer. Banyak sekali sastra dan film yang menggunakan Atlantis sebagai setting cerita, mulai dari yang kocak dan sederhana dalam serial Spongebob Squarepants, sampai yang populer dan lebih serius dalam film Disney Atlantis: The Lost Empire dan wilayah kekuasaan Aquaman dalam mitologi DC Universe.

6. Oz (The Wizard of Oz/Oz the Great and Powerful)

Salah satu film paling populer sepanjang masa adalah film The Wizard of Oz yang tayang perdana pada 1939 dengan bintang Judy Garland. Adegan-adegan serta dialog dalam film ini sering sekali digunakan atau diparodikan dalam banyak film Hollywood. Misalnya, adegan pasukan kera ditonton oleh para monyet di film Jumanji dan membuat para monyet terinspirasi untuk semakin memporakporandakan seisi kota. Kutipan “You’re not in Kansas anymore” yang berarti “Kamu sudah tidak berada di Kansas lagi” merupakan bagian dari film The Wizaed of Oz yang mana Dorothy diterbangkan oleh badai dari Kansas menuju negeri OZ—kutipan ini dipakai oleh Ranger Rick dalam film Avatar (2009) dan Cypher dalam film The Matrix (1999). Film yang diangkat dari buku karangan L. Frank Baun (terbit tahun 1900) ini “dikabarkan” menjadi inspirasi George Lucas membuat film Star Wars dan kita tahu sendiri bahwa Star Wars adalah inspirasi sutradara James Cameron untuk membuat film dan akhirnya ia berhasil menciptakan Terminator, Titanic, dan Avatar. Dari sini kita juga ahu bahwa Titanic memberikan pengaruh untuk rilisnya film Pearl Harbor dan karena Pearl Harbor terbilang sukses, sutradaranya yakni Michael Bay punya kesempatan besar untuk membuat film Transformers. Nah, ternyata luar biasa sekali keterkaitan antar kejadian di dunia perfilman, sekadar intermezzo saja. Terlepas dari itu semua, The Wizard of Oz menawarkan dunia fantasi yang tak kalah populernya yakni negeri Oz itu sendiri.

5. Asgard (Marvel Cinematic Universe/Thor/The Avengers)

Berkat kepopuleran film-film Marvel, dunia dari mitologi Norse (kawasan sekitar Jerman Utara pada masa Viking) ini kembali menjadi salah satu dunia fantasi paling populer sebagai tempat tinggal Dewa Odin, Thor, dan adiknya Loki. Seperti yang kita ketahui, Marvel merilis film Thor yang kemudian bergabung dalam The Avengers yang dirilis tahun 2012. Karena kisah hidup Thor yang berisikan kompleksitas masalah keluarganya yang saling berseteru antara Thor, Loki, Odin, dan kakak perempuannya (yang muncul dalam Thor Ragnarok), Asgard menjadi poin penting dalam proses eksplorasi Jagad Cerita Marvel (Marvel Cinematic Universe/MCU). Berbeda dengan Superman yang berasal dari planet Krypton, keberadaan Asgard tidak bisa dijelaskan dengan kalkulasi matematika karena Asgard bukan sekadar sebuah planet. Ada kekuatan magis yang menyelimuti Asgard karena dunia tersebut merupakan tempat tinggal Dewa. Maka, bisa dikatakan bahwa Asgard merupakan salah satu dunia fantasi paling populer.

4. Westeros (Game of Thrones)

Di tahun 2011, dunia pertelevisian digegerkan oleh sebuah serial dari HBO berjudul Game of Thrones. Dibintangi pemain papan atas seperti Sean Bean (The Lord of the Rings), Lena Headey (300/Three Hundred), dan Peter Dinklage (Prince Caspian), serial ini berhasil merebut hati jutaan penonton berkat ceritanya yang kompleks, visualisasi yang vulgar, dan yang tak kalah penting, pemaparan kejadian-kejadian di dunia fantasi bernama Westeros. Dalam dunia ini, dikisahkan terdapat kerajaan-kerajaan dan keluarga bangsawan yang saling bertikai. Puncak pertikaian terjadi setelah kerajaan di posisi puncak yaitu Targaryen mengangkat seorang raja yang memerintah secara ngawur. Maka, muncul api pemberontakan dari keluarga bangsawan Baratheon dan Stark yang akhirnya menggulingkan Targaryen dan Robert dari Baratheon menjadi raja baru. Selama pemerintahannya, Westeros relatif aman dan tidak ada gejolak besar. Namun, Season 1 Game of Thrones menceritakan bahwa musibah besar akan menimpa Westeros ke depannya. Kekayaan penuturan tentang sejarah Westeros tidak lepas dari pengaruh novelnya yang ditulis dengan sangat detil layaknya sebuah buku sejarah. Buku Game of Thrones sendiri ditulis oleh George R.R. Martin dan terbit pertama kali pada 1996.

3. Neverland (Peter Pan, Tinker Bell)

Penyanyi Michael Jackson sempat membuat geger seluruh dunia karena ia memiliki sebuah taman rekreasi pribadi yang dinamai Neverland, sama seperti negeri fantasi di cerita Peter Pan. Tak perlu dijelaskan panjang lebar lagi, banyak orang sudah mengetahui tentang Neverland karena selain buku ceritanya sudah populer sejak dulu, perusahaan film Disney mengangkat ceritanya ke dua film layar lebar yang popular yakni Peter Pan dan sekuelnya Peter Pan Return to Neverland. Selain itu, Disney juga membuat 6 film yang berfokus pada Tinker Bell yakni Tinker Bell, The Lost Treasure, The Great Fairy Rescue, Secret of The Wings, Pirate Fairy, dan Legend of the Neverbeast yang kesemuanya terjadi di Neverland. Bukan hal yang asing lagi bahwa Neverland adalah tempat di mana terdapat banyak peri, putri dutung, dan bajak laut. Selain itu, manusia yang masuk ke dalamnya akan berhenti menua dan menjadi muda selamanya. Lokasi Neverland adalah di satu dari dua bintang bersinar yang ada di sebelah kanan.

2. Narnia (The Chronicles of Narnia)

Di tahun 2005, Disney dan Walden Media merilis film berjudul The Chronicles of Narnia: The Lion, The Witch and the Wardrobe. Film tersebut sukses besar dan dua sekuel berhasil dibuat. Meskipun demikian, cerita Narnia sudah pernah difilmkan sebelumnya dalam bentuk serial televisi yang diproduksi oleh BBC pada 1988 hingga 1990. Cerita Narnia yang diangkat dari novel berseri karya C.S. Lewis berhasil memukau pembaca dan penonton karena ceritanya mengajak penikmat masuk ke dalam negeri Narnia. Dikisahkan bahwa negeri Narnia dijaga oleh singa agung brnama Aslan. Di dalamnya, terdapat makhluk-makhluk legenda seperti Minotaur, Centaur, Griffin, Satyr, ikan duyung, dan masih banyak lagi. Dari semua dunia fantasi yang disebutkan dalam daftar ini, mungkin Narnia-lah yang paling kaya akan keanekaragaman makhluk fantasinya. Meskipun Aslan adalah pelindung Narnia, ia cenderung memantau Narnia dari balik layar dan memercayakan Narnia pada penghuninya sendiri atau sesekali memanggil orang dari luar, seperti keluarga Pevensie, untuk membantu menyelamatkan Narnia dari kekacauan. Misalnya, saat Narnia dikuasai Penyihir Putih Jadis, saat Narnia dikuasai perompak Telmarine, dan saat Narnia dicengkeram ketakutan kabut kejahatan, keluarga Pevensi ditarik masuk ke dalam negeri Narnia untuk membantu.

Honorable Mentions (Layak Disebutkan)

Alagaesia (Eragon)

Hyboria (Conan the Barbarian)

Azeroth (Warcraft)

Agrabah (Aladdin)

Mana Harry Potter?

Harry Potter memang merupakan sebuah cerita fantasi dan termasuk salah satu yang paling populer. Hanya saja, dunia Harry Potter adalah dunia nyata yaitu di wilayah Inggris, sehingga tidak bisa dikategorikan sebagai dunia fantasi yang terpisah dari dunia nyata. Selain itu, banyak kejadian yang terjadi di Inggris misalnya di stasiun kereta api King’s Cross dan jembatan Millennium yang keduanya ada di Inggris dan bisa dikunjungi setiap saat.

1. Middle Earth (The Lord of the Rings)

Tidak diragukan lagi inilah dunia fantasi yang paling populer dari semua dunia fantasi yang pernah dibuat. Midle Earth adalah buah pemikiran J.R.R. Tolkien yang menjadi lokasi terjadinya pertempuran-pertempuran besar dalam kisahnya di buku The Hobbit dan The Lord of the Rings. Selain digambarkan secara rinci, dunia fantasi ini menjadi sangat kaya dan seolah nyata karena Tolkien merancang bahasa khusus dan menceritakan kejadian di Middle Earth secara detil layaknya sebuah buku sejarah. Selain bukunya yang kaya dan dicintai banyak orang, adaptasi filmnya meraih kesuksesan besar tidak hanya dari rekor box office, tapi juga dari tanggapan penonton dan kritikus. Film terakhir The Lord of the Rings yang berjudul The Return of the King berhasil menyabet 11 piala Oscar termasuk di dalamnya piala untuk kategori film terbaik. Rekor yang dimiliki film tersebut setara dengan dua film besar lainnya yakni Ben-Hur dan Titanic yang sama-sama meraih 11 piala Oscar. Film The Lord of the Rings yang digarap oleh Peter Jackson dianggap berhasil memvisualisasikan kekayaan pemandangan di Middle Earth dan alhasil, semakin menguatkan posisi Middle Earth sebagai dunia fantasi paling populer dan iconic di dalam sejarah perfilman dunia.

Nah, itu tadi 10 dunia fantasi paling populer dalam film. Dunia fantasi mana yang ingin Anda masuki?

Penulis membuat sebuah novel fantasi berjudul The Battle of Serenity (Pertempuran Perdamaian) yang bisa dibaca di sini.