10 Karakter Jahat Paling Iconic dalam Film (Edisi Update 2018)


10 Karakter Jahat Paling Iconic dalam Film (Edisi Update 2018)
Oleh Nabil Bakri
instagram

Versi awal artikel ini bisa dibaca di sini (klik): “10Karakter Jahat Paling Iconic dalam Film”

(Copyright MARVEL/Disney)

Di tahun 2015 ‘silam’, saya menulis daftar 10 Karakter Jahat yang paling diingat, paling populer, paling ‘iconic’ dalam film. Dalam kurun waktu 3 tahun, tidak banyak tokoh jahat baru yang benar-benar ‘menantang’ untuk menggeser posisi dalam daftar tahun 2015. Sebut saja tokoh-tokoh jahat baru di Star Wars Episode 7-8 yang secara mengejutkan justru menjadi bumerang yang menghancurkan seri Star Wars karena film terbarunya kala itu, The Last Jedi, dianggap sebagai penghinaan terhadap fans Star Wars karena mengacak-acak alur cerita yang sudah dibangun sejak 1977. Ada pula film Terminator baru, namun tidak bisa menyaingi wibawa Terminator 2. Nah, baru di tahun 2018 saya melihat ada satu karakter jahat yang sangat pantas masuk dalam daftar, maka saya memutuskan untuk meng-update daftar 2015 dengan beberapa karakter baru. Nah, siapakah tokoh tahun 2018 yang membuat saya ingin meng-update daftarnya? Simak saja di artikel ini, ya! Dan, saya ingatkan, daftar ini khusus untuk karakter yang ada di film boskop/layar lebar, jadi Keluarga Lannister, White Walker, bahkan Dao Ming Feng, Mak Lampir, dan tokoh lain dari Sinetron/TV Show/TV Series tidak masuk daftar. Selamat membaca!

10. Doctor Octopus (Spider-Man 2)


Walau tidak masuk dalam jajaran karakter dalam buku Marvel Avengers The Ultimate Character Guide (oleh Alan Cowsill, diterbitkan oleh DK tahun 2015), disebutkan di halaman 182 dalam pembahasan Spider-Man bahwa ia adalah salah satu musuh paling berbahaya Spider-Man. Karakter ini menjadi sangat populer dan iconic berkat film garapan sutradara Sam Raimi, Spider-Man 2 yang masuk dalam Spider-Man Trilogy awal, seri Spider-Man yang paling iconic dan mendapat pujian paling posotif. Sosok Doctor Octopus yang diperankan oleh Alfred Molina berhasil menjadi ‘lebih’ dari sekadar sosok jahat paling fenomenal di dunia Spider-Man, tapi juga di dunia buku komik dan perfilman pada umumnya.

Di dalam film Spider-Man 2 ditunjukkan bahwa percobaan sang Doctor untuk menggunakan tentakel robot sebagai alat bantu percobaan besar pengembangan sumber energi baru yang luar biasa, memiliki kecerdasan buatan yang merusak program penghalang untuk mengendalikan pikiran sang Doctor dan alhasil, justru memengaruhi Doctor Octopus untuk menjadi penjahat. Dan tak tanggung-tanggung, sesosok penjahat yang sangat iconic.

09. Scar (The Lion King)


Menggantikan posisi dua karakter Disney yang sebelumnya masuk daftar yakni Maleficent dan Cruella DeVil, Scar mewakili sosok penjahat iconic dari dunia animasi. Singa bersurai hitam yang ambisius ini sifatnya diambil dari Raja Claudius, adik Raja Denmark yang merupakan paman kandung Pangeran Hamlet dari kisah Shakespeare. Karena ambisinya yang besar dan rasa irinya terhadap kakanya, Mufasa, Scar membuat rencana untuk mengeksekusi Mufasa dan anaknya, Simba, persis dengan kisah Hamlet di mana Claudius meracuni Raja Denmark dan berusaha menjauhkan Hamlet dari takhta. Selain sosoknya yang senantiasa tampak licik dan pandai berkata-kata, Scar diisi suaranya oleh Jeremy Irons yang memiliki suara khas, membuat sosok Scar tampak lebih licik dan lebih berbahaya, dua karakteristik yang sangat erat dengan karakter jahat iconic manapun.

08. T-1000 (Terminator 2: Judgement Day)


Film yang dirilis tahun 1991 dan merupakan sekuel dari The Terminator, Terminator 2: Judgement Day, menjadi salah satu film aksi fiksi-ilmiah yang paling popular sepanjang masa. Film ini memiliki karaker villain yang fenomenal karena menggantikan posisi Arnold Schwarzenegger sebagai penjahat utama dalam seri Terminator. Kali ini, sang Terminator muncul dengan upgrade yang lebih canggih dan siap melaksanakan misinya dan menyingkirkan apa pun yang menghalangi misinya. Karakter ini menjadi sangat iconic karena pembawaannya yang garang dan tak kenal lelah dalam memburu John Connor dan Sarah Connor. Satu lagi hal yang menarik adalah bahwa T-1000, walaupun merupaka karakter jahat yang seharusnya dikejar-kejar oleh polisi, justru muncul dengan seragam dan mobil kepolisian, membuat situasi semakin mencekam di mana sosok yang pembawaannya melambangkan keadilan dan keselamatan masyarakat, justru muncul dengan satu alasan yang tidak bisa diganggu-gugat: membunuh!

07. Bill (Kill Bill Vol.1&2)


Ini dia sosok penjahat paling keji yang berlagak bijaksana namun licik, pendendam, dan pencemburu. Bill adalah penjahat utama dalam film Kill Bill yang menjadi buronan nomor satu dalam daftar Uma Thurman yang berniat membalaskan dendamnya. Bill, walaupun berkarisma, sebenarnya sangat jahat. Ia menghabisi seisi gereja dalam acara gladi-resik upacara pernikahan. Ia adalah seorang dalang kejahatan yang ahli menggunakan pedang Hattori Hanzo. Sosoknya sangatlah menarik di mana ia pintar bermain kata-kata dan menghasut. Yang terpenting, jika dirinya sudah mengincar sesuatu, ia harus meraihnya, bagaimana pun caranya.

06. Agent Smith (The Matrix)


Ini adalah program yang diciptakan dalam sistim Matrix para robot untuk menangani gangguan-gangguan di dalam sistim. Diceritakan bahwa di masa depan, manusia berperang melawan robot dan saat berada di ambang kekalahan, manusia meledakkan langit yang hasilnya adalah gumpalan asap tebal yang menyelimuti bumi hingga ratusan tahun sehingga sinar matahari tidak bisa menyinari bumi dengan harapan para robot yang hidup dengan memanfaatkan tenaga mata hari akan musnah secara perlahan-lahan. Namun sayang, para robot terlanjur mengetahui bahwa tubuh manusia bisa menghasilkan listrik sehingga mereka menculik manusia dan mengembangbiakkannya sebanyak-banyaknya untuk dimasukkan ke dalam jutaan kapsul dan dijadikan baterai pengganti mata hari.

Para manusia ini dimanipulasi otaknya dengan cara dihubungkan dengan komputer program bernama Matrix sehingga mereka merasa sedang hidup biasa di abad ke-20 dan tidak sadar sedang dipenjara dan dipanen energinya. Nah, Agen Smith adalah salah satu agen penjaga Matrix yang mengawasi gerak-gerik mencurigakan kalau-kalau manusia ini sadar mereka sedang dimanipulasi. Ia juga memburu para manusia dari Zion, tempat persembunyian terakhir manusia, yang senantiasa berusaha menyusup ke dalam Matrix untuk membebaskan para ‘ternak manusia’. Hal yang membuat agen Smith sangat fenomenal adalah ambisinya untuk ‘keluar’ dari system dan bebas. Saking berbahayanya, Smith bisa keluar dari komputer untuk memanipulasi otak manusia dan dia mengancam tidak hanya umat manusia, tapi juga umat robot.

05. Sauron (The Lord of the Rings)


Dialah sosok ‘Mata’ yang melihat segalanya dari puncak menara di Mount Doom. Dalam film The Fellowship of the Ring, Sauron digambarkan sebagai sosok tinggi besar berzirah dan berjubah hitam. Dalam pertempuran, Isildur memotong jari Sauron sehingga Cincin Utama miliknya lepas dan Sauron berhasil dikalahkan. Namun yang dikalahkan hanya fisiknya saja karena jiwanya masih hidup dan menanti untuk bersatu dengan cincinnya supaya bisa kembali bangkit dengan kekuatan penuh.

Dalam buku The Magical Worlds of the Lord of the Rings (oleh David Colbert, diterbitkan oleh Gramedia tahun 2006) dijelaskan bahwa Tuhan di dunia Lord of the Rings yang bernama Iluvatar, memiliki banyak sekali kelebihan di banyak sisi. Masing-masing makhluk yang diciptakannya akan mewarisi salah satu kelebihannya di salah satu sisi, hanya salah satu dari salah satu sisi saja. Sauron adalah pengecualian karena ia memang hanya mendapatkan satu, tapi dari semua sisi (di masing-masing sisi mendapat satu). Maka, Sauron diumpamakan seperti Iblis Lucifer yang sombong dan dibuang oleh Tuhan ke neraka. Memang, kelebihan ini membuat Sauron jumawa, menganggap makhluk lain lebih rendah darinya, dan berambisi menaklukkan semuanya. Buku itu juga menjelaskan bahwa pada mulanya Sauron tidak jahat (seperti juga Iblis yang pada awal penciptaannya tidak jahat, dan juga Saruman yang pada awalnya adalah Penyihir Putih yang baik dan bijaksana), namun karena kesombongannya, ia, beberapa ribu tahun sebelum setting waktu di Lord of the Rings dimulai (bisa disebut dalam prequel-nya), pernah menghasut manusia untuk menentang para malaikat sehingga pulau yang indah dan subur tempat tinggal manusia dihancurkan dan manusia yang selamat diusir dan tinggal di Middle Earth. Hal ini sangat selaras dengan kisah iblis yang menghasut Adam dan Hawa sehingga menyulut kemurkaan Tuhan yang mengusir mereka ke bumi, Memang, pada dasarnya kisah Lord of the Rings sangat dipengaruhi oleh kisah-kisah agama.

04. Thanos (Avengers Infinity War)


Inilah sosok yang muncul di tahun 2018 dalam film The Avengers: Infinity War yang membuat saya ingin memperbaharui daftar ini. Sebenarnya, Thanos sudah muncul pada tahun 2012 di film pertama Avengers, tapi bahkan sampai tahun 2015 saat kemunculan Ultron dan saat daftar terdahulu saya buat, sepak terjang Thanos belum begitu signifikan sehingga wibawanya belum begitu kentara. Baru setelah Guardians of the Galaxy ditambah Infinity War, rasanya sangat tidak adil jika sosok satu ini tidak dimasukkan ke dalam daftar dan tidak tanggung-tanggung, langsung saya posisikan di nomor 4 berdekatan dengan Voldemort dan The Joker. Nah, apa sebenarnya yang membuat karakter yang, sampai tahun 2018, tergalong masih baru ini bisa menjadi begitu iconic?

Buku Marvel Avengers: The Ultimate Character Guide (oleh Alan Cowsill, diterbitkan oleh DK tahun 2015) menyebutkan bahwa Thanos adalah sosok Titan (dalam mitologi Yunani, Titan adalah dewa sebelum Zeus, Poseidon, dan Hades) berkekuatan luar biasa. Ia jatuh cinta pada Perwujudan Kematian yang membentuk diri menjadi sosok seorang wanita, dan berlalu-lalang mengitari jagat raya untuk menaklukkan dan berniat menghancurkan alam semesta guna membuat Sang Kematian terpesona padanya. Thanos adalah ayah angkat Gamora, yang menyapu habis spesies Gamora dan justru mengadopsi Gamora. Setelah mengetahui kebusukan ayah angkatnya, Gamora berpaaling pada Guardians of the Galaxy dan membantu Avengers berjuang mengalahkan Thanos. Walau pada dasarnya sangat keji, Thanos sebenarnya sosok yang setia di mana jika sudah sayang, dia akan menyayangi dengan tulus. Sebut saja cintanya pada Sosok Kematian dan, sangat tidak diduga, kasih sayangnya yang besar terhadap Gamora yang benar-benar dianggapnya sebagai puteri sendiri. Selain berhasil membuat The Avengers kepayahan bukan main, Thanos juga menunjukkan sisi tak terduga. Hal inilah yang membuat sosoknya, kini, begitu fenomenal dan iconic.
03. Voldemort


Apakah pembaca (yang saat itu sudah lahir dan sudah cukup besar) ingat saat Harry Potter pertama kali tayang di bioskop? Sungguh, sebuah fenomena yang luar biasa. Bagaimana tidak, selain memperkenalkan dunia sihir dan sekolah sihir Hogwarts, film ini juga memperkenalkan tokoh jahat yang akan merajai dunia kejahatan sinema selama satu dekade ke depan. Ya, dari 2001-2011, kita semua menanti-nanti bagaimana perjuangan Harry Potter mengalahkan Voldemort. Karena novelnya yang laku keras dan filmnya yang sepanjang satu dekade itu mendampingi pertumbuhan banyak penonton di masanya, tentu saja sosok Voldemort merasuk ke dalam dunia popular dan menjadi iconic.

Siapa sih, sebenarnya Voldemort? Nah, nama aslinya adalah Tom Marvolo Ridle, seorang penyihir yang berdarah campuran. Ibunya adalah penyihir yang jatuh cinta pada manusia. Karena bertepuk sebelah tangan, ibunya memberi ramuan cinta pada ayah Tom, sampai ayahnya sadar dan meninggalkan Tom dan ibunya. Saat itulah keluarganya mulai hancur dan Tom dikirim ke panti asuhan. Mulai saat itulah bibit kebenciannya terhadap manusia tumbuh dan setelah berhasil mendulang kekuatan luar biasa, ia menguah namanya menjadi Lord Voldemort yang merupakan permainan kata dari nama Tom Marvolo Ridle yang dibolak-balik. Voldemort sebenarnya berwujud manusia biasa, tapi karena haus kekuatan, dia membagi nyawanya menjadi 7 untuk disimpan di 7 benda bertuah. Konsekuensinya adalah setiap nyawa yang dibagi akan menyedot rupanya sedikit demi sedikit hingga akhirnya ia berwajah mengerikan.

02. The Joker


Siapa yang tidak kenal dengan Joker? Sosok penjahat yang satu ini merupakan musuh bebuyutan Batman yang selalu memiliki cara baru untuk membuat kekacauan di kota Gotham. Berdasarkan keterangan buku DC Comics: The Ultimate Character Guide (oleh Brandon T. Snyder, diterbitkan oleh DK tahun 2011), Joker merupakan dalang criminal dengan penampilan meniru badut yang mengerikan, sangat senang membuat kerusakan hanya untuk bersenang-senang, dan menyalahkan Batman atas terciptanya dirinya. Di dalam ensiklopedia juga disebutkan bahwa nama asli Joker tidak diketahui dan senjata kesukaannya adalah Racun Joker yang bisa membuat korbannya mati konyol dengan wajah tersenyum selebar-lebarnya. Joker sendiri lama-kelamaan menjadi kebal terhadap racunnya dan dampaknya adalah Joker tidak bisa lagi merasakan sakit, menjadikannya musuh yang sulit bagi Batman.
Sosok Joker yang sudah kondang dalam serial TV ditambah serial animasi yang suaranya diisi oleh Mark Hamill (Luke Skywalker dalam Star Wars) dan film layar lebar sukses yang dibintangi oleh actor senior Jack Nicholson, pamornya semakin meningkat pesat berkat acting Heath Ledger dalam film The Dark Knight yang disutradarai oleh Christopher Nolan dan menjadi sosok Joker paling iconic sampai sekarang. Sosok ini juga menjadi lebih tenar karena sang aktor meninggal dunia sebelum filmnya rampung dan memang caranya memerankan The Joker dipuji-puji banyak orang termasuk kritikus, sehingga musuh Batman yang lebih baru misalnya Bane dan Thalia Al Gul di The Dark Knight Rises tidak bisa menandingi kepopuleran The Joker Heath Ledger. Salah satu hal yang menarik sekaligus mencekam adalah, The Joker menjadi inspirasi seorang yang fanatik dan terkena gangguan mental sehingga dirinya tidak rela film Batman lain yang tidak ada Joker-nya mendapat kesuksesan lebih besar daripada The Dark Knight, sehingga saat pemutaran The Dark Knigt Rises di bioskop, dirinya dengan brutal menembak para penonton. Hmm, semakin sulit menggeser Joker dari posisi di dalam daftar karena tampaknya apa yang ia lakukan terhadap Harvey Dent yakni merasuki pikirannya, bisa terjadi sampai di dunia nyata!

01. Darth Vader (Anakin Skywalker)


Sosok villain paling iconic yang tidak atau lebih tepatnya belum bisa digeser oleh karakter mana pun, dan tetap Darth Vader yang memiliki posisi teratas. Darth Vader pada mulanya adalah seorang Jedi muda bernama Anakin Skywalker. Ia digadang-gadang oleh Master Qui-Gon Jinn dan Obi-Wan Kenobi untuk menjadi sosok Yang Terpilih untuk membawa keseimbangan dalam Force. Namun karena dibutakan oleh cinta, kebencian, kesedihan, dendam, dan amarah, dirinya dengan mudah dihasut oleh Kanselir Palpatine yang tak lain adalah Kaisar Sith Darth Sidious, untuk meninggalkan ajaran Jedi dan mengikuti ajaran Sith yang memuja The Dark Side of the Force. Menurut buku Star Wars Character Encyclopedia (oleh Simon Beercoft, diterbitkan oleh DK tahun 2011) dalam seri Star Wars, Anakin berperan penting dalam Pertempuran Klon (Clone Wars) dan sebenarnya memiliki ikatan yang kuat dengan gurunya, yakni Obi-Wan. Masih dari buku yang sama, dijelaskan bahwa Anakin diubah menjadi Darth Vader setelah memutuskan bergabung menjadi Sith. Kostum yang ia kenakan sebenarnya adalah pakaian khusus yang didesain untuk membantu Anakin beraktifitas setelah tubuhnya terbakar setelah bertarung dengan gurunya. Pakaian ‘penyelamat’ ini justru menambah kesan garang dan menakutkan. Apalagi, Darth Vader adalah tangan kanan kepercayaan Kaisar Sidious yang ahli dalam mengendalikan Force dan tidak segan-segan menghukum mati siapapun yang menghalanginya atau gagal menuntaskan misinya. Misalnya saja, Vader dikenal bisa mencekik seseorang dari jarak jauh.

Yang menarik dari sosok Vader adalah, walaupun dirinya pada awalnya diciptakan sebagai karakter jahat, namun justru menjadi pusat perhatian. Saking iconic-nya, sosok Vader diparodikan di banyak sekali film, mulai dari animasi hingga film fiksi ilmiah. Suaranya yang dalam dan khas dilengkapi hembusan napas yang mengerikan, Vader semakin menguatkan posisinya sebagai karakter jahat paling iconic dalam sejarah perfilman.

LAYAK DISEBUTKAN
Maleficent (Sleeping Beauty)


Cruella DeVil (101 Dalmatians)



Referensi:

Beecroft, Simon. 2011. Star Wars Character Encyclopedia. United Kingdom: DK/Dorling Kindersley.

Colbert, David. 2006. The Magical Worlds of the Lord of the Rings. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Cowsill, Alan. 2015. Marvel Avengers the Ultimate Character Guide. United Kingdom: DK.

Snider, Brandon T. 2011. DC Comics the Ultimate Character Guide. United Kingdom: DK.